sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dalih BNPT belum pulangkan anak-anak WNI eks ISIS

Salah satunya, belum rampung proses verifikasi hingga kini.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 10 Mar 2020 17:17 WIB
Dalih BNPT belum pulangkan anak-anak WNI eks ISIS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hingga kini belum memulangkan anak-anak keturunan warga negara Indonesia (WNI) eks kombatan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Dalihnya, masih diverifikasi jumlah dan statusnya.

Taktahu apakah telah terdoktrin ekstremisme atau belum. Alasan lain pemerintah bersikap demikian.

"Kita harus hati-hati. Anak-anak di bawah 10 tahun pun kalau sudah terinfiltrasi, kan, bisa tahu (seperti apa), kan? Ini jadi tidak baik buat masyarakat kita," ucap Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius, di Jakarta, Selasa (10/3).

Berdasarkan asumsi BNPT, ada sekian puluhan anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Namun, statusnya belum diketahui. "Apakah yatim piatu," kata dia.

Sponsored

Suhardi berjanji, BNPT segera memulangkan mereka kala verifikasi rampung. Juga mengetahui jumlah anak-anak WNI eks ISIS yang yatim piatu.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, sebelumnya menyatakan, sampai sekarang pemerintah masih mengidentifikasi anak-anak WNI eks ISIS. Apabila telas jelas, segera memikirkan proses penjemputan dan pembinaannya.

"Cuma sampai sekarang, belum ada yang boleh atau belum ada yang akan diumumkan dulu tentang orang-orangnya. Tapi, kita ke prinsipnya saja dululah. Bahwa anak-anak di bawah 10 tahun yang yatim piatu, itu akan dipulangkan. Itu kebijakannya sudah resmi," tuturnya, 24 Februari 2020.

Berita Lainnya

PPKM dan prokes ketat bisa tekan Covid-19

Senin, 25 Jan 2021 22:06 WIB

Polri diminta usut motif dana asing ke FPI

Selasa, 26 Jan 2021 13:05 WIB
×
img