sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sempat tarik diri, Demokrat putuskan 'tempur' lagi bahas RUU Ciptaker

Fraksi PD tugaskan tiga anggotanya bahas RUU Ciptaker di Baleg DPR.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 26 Agst 2020 10:33 WIB
Sempat tarik diri, Demokrat putuskan 'tempur' lagi bahas RUU Ciptaker
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 266845
Dirawat 60431
Meninggal 10218
Sembuh 196196

Fraksi Partai Demokrat (FPD) menerjunkan kembali tiga kadernya untuk membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja. Penugasan itu kembali diberikan setelah fraksi berlogo mercy itu menarik diri pada 22 April 2020 lalu.

"Tiga anggota Fraksi Partai Demokrat yang ditugaskan di Baleg RUU Ciptaker adalah Bambang Purwanto, Hinca IP Pandjaitan XIII,6 dan Benny K Harman," ungkap Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Hinca Pandjaitan, dalam pernyataannya, Rabu (26/8).

Hinca menerangkan, penugasan itu didasarkan lantaran dinamika pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menuai pro dan kontra. Dia mengklaim, aspirasi rakyat yang ingin Fraksi Demokrat membahas itu banyak dihimpun pihaknya.

"Banyaknya harapan masyarakat kepada Fraksi Partai Demokrat untuk terus menerus memperjuangkan kepentingan rakyat banyak. Fraksi Partai Demokrat harus siap tempur lagi di Baleg Panja RUU Ciptaker," tutur dia.

Di samping itu, dia menerangkan, dasar penarikan para anggotanya karena Partai Demokrat ingin semua pihak fokus ke penanganan Covid-19. Namun menurutnya, situasi saat ini telah mengalami perubahan.

"Seiring berjalannya waktu fokus penanganan Covid-19 berjalan terus, meskipun belum efektif. Baik terhadap sisi kesehatan ataupun dampak ekonomi, dan FPD juga termasuk yang menyetujui pengesahan Perpu Nomor 1 tahun 2020 sebagai landasan hukum bagi pemerintah untuk bekerja fokus menangani Covid19," kata dia.

Selain itu, DPR RI juga telah menerapkan adaptasi baru atau era kenormalan baru dalam pandemi Covid-19. Karena itu, DPR RI dapat menjalankan tugasnya kembali, termasuk legislasi.

"Untuk itu, menjadi kewajiban politik anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat untuk melaksanakan tupoksinya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19," katanya.

Sponsored

"Atas itu semua, maka Fraksi Partai Demokrat DPR RI hadir kembali di pembahasan RUU Ciptaker untuk memperjuangkan kepentingan rakyat, karena harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat," ujar Hinca.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengarahkan para kadernya untuk menolak pembahasan RUU apa pun yang tidak terkait Covid-19.

Saat itu, Fraksi Partai Demokrat berpandangan dalam situasi saat ini seharusnya pemerintah berfokus mengatasi pandemi ketimbang membahas RUU apa pun yang tidak terkait, termasuk Cipta Kerja.

Dikabarkan, Badan Legislasi DPR RI hari ini akan kembali membahas tentang DIM (Daftar Inventaris Masalah) RUU Cipta Kerja. Rencananya, rapat akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB.

Berita Lainnya
×
img