logo alinea.id logo alinea.id

Densus 88 turut usut teror bom di Unpatti

Polisi telah memeriksa dua saksi yang menemukan tulisan tersebut.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 15 Agst 2019 12:08 WIB
Densus 88 turut usut teror bom di Unpatti

Polisi menyelidiki teror di Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon, Maluku. Dalam pengusutan teror tulisan yang mengatasnamakan ISIS itu, polisi dibantu Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror.  

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, teror ditulis di salah satu dinding Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura.

"Sampai saat ini tim dari Polda Maluku masih melakukan pendalaman," kata Dedi di Humas Polri, Kamis (15/8).

Polisi telah memeriksa dua orang saksi yang menemukan tulisan tersebut. Bahkan tim Densus 88 diturunkan untuk mengungkap teror itu serta mem-back-up Polda Maluku. 

Polisi juga telah melakukan olah tempat kejadian, namun belum ditemukan adanya indikasi pelaku yang menulis. Menurut Dedi, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura mengatakan, sehari sebelum teror diselenggarakan pemilihan dewan mahasiswa. 

Hanya saja, belum dapat dipastikan adanya keterkaitan peristiwa tersebut dengan teror yang terjadi. 

Seperti diketahui, tulisan tangan berisi ancaman bom tersebut ditemukan menempel pada dinding sebelah kiri ruang tunggu Fakultas Ekonomi Unpatti. Tulisan tersebut ditemukan pada Rabu (14/8) sekitar pukul 7.15 WIT.

"KAMI ANGGOTA TERORIS MENGANCAM AKAN BOM UNIVERSITAS PATTIMURA DAN SEMUANYA, ISIS," demikian bunyi ancaman tersebut.

Sponsored

Sehari sebelumnya, di lantai dua ruangan fakultas ekonomi, berlangsung kegiatan pemilihan dewan mahasiswa yang berlangsung dari pukul 15.00 WIT hingga pukul 22.00 WIT. Setengah jam setelah kegiatan selesai, saksi yang seorang petugas kebersihan kampus menutup pagar ruangan dan kembali ke rumah.