sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Di bawah kendali Cikeas, Darmizal: Suara Partai Demokrat merosot tajam

Karenanya, menurut Darmizal, pelaksanaan KLB tidak boleh serampangan dan abal-abal.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 01 Mar 2021 19:23 WIB
Di bawah kendali Cikeas, Darmizal: Suara Partai Demokrat merosot tajam

DPD Partai Demokrat (PD) Bali dan Jawa Barat diharapkan merespons positif apabila menjadi tuan rumah penyelenggaraan kongres luar biasa (KLB). Demikian disampaikan mantan Ketua Komisi Pengawas PD, Darmizal, merespons adanya penolakan pelaksanaan KLB di dua daerah tersebut.

"Jika memang Bali atau Jawa Barat yang dipilih panitia sebagai tempat penyelenggaraan KLB, alangkah baik jika rekan-rekan DPD PD Bali dan Jabar dapat menjadi tuan rumah yang baik, menyambut kehadiran saudara-saudaranya yang datang dari seluruh tanah air," katanya saat dihubungi Alinea, Senin (1/3).

Dia mengingatkan, tali persaudaraan dan persahabatan tetap harus dijalin meski ada perbedaan pendapat, terlebih pelaksanaan KLB yang dinilai harus digelar.

"Bagi partai, kongres adalah pesta demokrasi internal lima tahunan terbesar bagi partai sekaligus sebagai arena reuni, konsolidasi, dan argumentasi mencari solusi terbaik bagi partai," katanya.

Menurutnya, berbagai dinamika dan perbedaan pendapat para kader atas KLB adalah hal wajar. Namun, dirinya mengingatkan, forum tersebut diatur dalam anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART). "Artinya, KLB sah dan konstitusional."

"Tidak ada larangan untuk melaksanakan KLB Partai Demokrat sebagaimana KLB yang dilakukan pada tahun 2013, di mana SBY dipilih menggantikan Anas Urbaningrum," imbuhnya.

Kendati demikian, Darmizal menilai, pelaksanaan KLB tidak boleh serampangan dan abal-abal. Pengurus yang dipilih tidak mempunyai orientasi hanya untuk mempertahankan dinasti dan oligarki politik keluarga.

"Langkah demikian tentu sangat naif, dampak negatifnya langsung terasa, di mana suara Partai Demokrat langsung merosot tajam dari pemilu ke pemilu pascakeluarga Cikeas ambil kepemimpinan Partai Demokrat," tegasnya.

Sponsored

Sebelumnya, Darmizal mengaku, tengah menyiapkan dua opsi tempat untuk menggelar KLB partai berlambang bintang mercy itu. "Bali dan Jabar menjadi salah satu pilihan tempat yang dipertimbangkan," katanya.

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB