sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Diganjar Bintang Bhayangkara, apa sumbangsih Puan?

Apa yang membuat putri Megawati ini laik dianugerahi penghargaan tertinggi Polri?

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 07 Agst 2018 12:45 WIB
Diganjar Bintang Bhayangkara, apa sumbangsih Puan?

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini diganjar Bintang Bhayangkara oleh Polri. Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Puan laik mendapat penghargaan karena sumbangannya pada upaya penumpasan radikalisme.

“Beliau kerja sama di bidang revolusi mental untuk memperbaiki kultur, mencegah paham radikalisme, dan lain-lain. Namun, lebih dari itu, yang saya rasakan, beliau (Puan) terlibat sangat aktif bahkan secara personal. Beliau memberikan sumbangsih cukup banyak di jajaran kepolisian semua bidang, yang berhubungan dengan tugas Polri,” katanya di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (7/8).

Tak jelas, apa saja sumbangsih Puan untuk revolusi mental. Namun, pada pertengahan Agustus 2015, Puan diketahui memang telah meluncurkan situs resmi revolusi mental di kementeriannya. Akun yang diniatkan untuk membantu kampanye program revolusi mental, prioritas pemerintah Jokowi itu, menelan biaya hingga Rp200 juta. Situs tersebut punya tujuan mengkampanyekan karakter "integritas, kesejahteraan, dan gotong royong" pada seluruh masyarakat.

Pada 2017, Puan kembali melelang jasa pengelolaan situs revolusi mental dengan pagu anggaran Rp800 juta. Lalu, pada 2018, Kemenko menganggarkan pengelolaan situs ini senilai Rp1,1 miliar. Situs yang mulanya memanfaatkan shared hosting itu resmi pindah pengelolaan ke PT Pilar Cipta Solusi Intergratika, yang punya kantor di Yogyakarta dan Kalibata City Tower, Jakarta Selatan.

Sayang, dari pengamatan Alinea, kanal-kanal situs yang beralamat di revolusimental.go.id ini tak lagi bisa diakses alias dalam mode luring. Sebelumnya situs tersebut juga hanya mengunggah kurang dari 10 video dan infografik. Situs tersebut juga mengantongi 365 dukungan saja.

Lepas dari sumbangsih Puan di bidang radikalisme dan revolusi mental yang masih dipertanyakan, Tito tetap kukuh politisi PDIP ini punya peran penting. Puan, imbuhnya, bahkan aktif memberikan bantuan terhadap korban gempa Lombok dua hari lalu. Tak hanya itu, peran anak Megawati ini pun sangat berarti bagi Polri kala mengatasi segala persoalan mudik lebaran. Karena alasan-alasan itulah, ia diberikan penghargaan tertinggi di jajaran Polri.

Pemberian penghargaan pada Puan berupa medali dan sertifikat yang diteken Presiden Joko Widodo itu juga dihadiri Ketua Umum Partai PDIP Megawati Soekarnoputri. Turut hadir pula Sekjen PDIP Hasto dan suami Puan.

Puan didampingi Megawati, Hasto, dan suaminya di anugerah tertinggi Polri ini./ Mumpuni

Sponsored

Selain Puan, sejumlah tokoh lainnya juga dianugerahi penghargaan ini. Enam tokoh lainnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesekretariatan Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Menurut Tito, Sri Mulyani dapat penghargaan karena mengapresiasi program-program Polri melalui kebijakan anggaran. Menteri PUPR Basuki dianggap mendorong program-program Polri melalui pembangunan infrastruktur. Begitu juga dengan Pratikno yang dinilai menjadi penghubung antara Istana dengan Turnojoyo. Kepala BIN Budi tak absen membantu program Polri dalam stabilitas keamanan. Pun, kedua kepala staf TNI AU dan AL yang meskipun baru menjabat, sudah dengan sangat cepat bekerja sama dengan Polri dalam berbagai hal.