sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Dipimpin Presiden Jokowi, ini rangkaian prosesi pemakaman Habibie

Prosesi pemakaman jenazah BJ Habibie akan dimulai sekitar pukul 12.30 WIB di rumah duka.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Kamis, 12 Sep 2019 08:35 WIB
Dipimpin Presiden Jokowi, ini rangkaian prosesi pemakaman Habibie

Jenazah Presiden ke-3 RI akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang. Upacara pemakaman yang akan dipimpin Presiden Joko Widodo, akan dimulai pada pukul 12.30 WIB.

Prosesi pemakaman akan dimulai di rumah duka di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Pihak keluarga akan menyerahkan jenazah Habibie pada pemerintah.

Jenazah dijadwalkan diberangkatkan ke TMP Kalibata sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah tiba di TMP, pemakaman akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dengan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pemakaman Habibie. "Untuk pemakaman almarhum besok di Taman Makam Pahlawan sudah kita persiapkan, jadi nanti di sebelahnya almarhumah Ibu Ainun Habibie," kata Pratikno di rumah duka, Rabu (11/9).

Sponsored

Habibie akan dikebumikan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, yang berada di Blok M Nomor 121. Adapun mantan Menteri Riset dan Teknologi itu akan dimakamkan di Blok M Nomor 120. 

Proses penggalian makam sudah dilakukan sejak Rabu malam.

Habibie meninggal dunia pada pukul 18.05 WIB di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Ia mengembuskan napas terakhirnya pada usia 83 tahun. (Ant)