sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

DPD dukung pembangunan PLTN di Bengkayang

PLTN dibutuhkan untuk merespons harga minyak mentah yang terus meroket dalam 8 tahun terakhir. 

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Jumat, 16 Agst 2019 14:45 WIB
DPD dukung pembangunan PLTN di Bengkayang

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendorong pemerintah untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Kalimantan Barat. Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO), keberadaan PLTN dibutuhkan untuk merespons harga minyak mentah yang terus meroket dalam 8 tahun terakhir. 

"Untuk itu, DPD mendukung pembangunan PLTN di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, dan kabupaten/kota lain di Indonesia," kata OSO saat memberikan sambutan dalam sidang pembukaan DPD kelima 2019 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8). 

Energri baru dan terbarukan (EBT) dari PLTN, lanjut OSO, bukan saja memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan industri saja. PLTN juga bisa membuka peluang investasi jangka panjang di Indonesia. 

Selain itu, OSO mengatakan, pembangunan PLTN juga merupakan langkah strategis yang sejaln dengan upaya pemerintah menggenjot ekspor sumber daya alam dalam bentuk semi-finished product atau finished product. 

Sponsored

"Sebagai contoh, rencana pengembangan bauksit menjadi alumunium di Kalimantan Barat memerlukan energi skala besar, stabil, murah, dan bebas polusi. Hal tersebut hanya akan dapat dipenuhi jika kita membangun pembangkit tenaga nuklir," tuturnya. 

Sebelumnya, Ketua Tim Kerja Penyiapan Pembangunan Prototipe dan Komersialisasi PLTN , Agus Puji Prasetyono menegaskan, sosialisasi pembangunan PLTN sudah dilakukan sejak 1964. Namun, rencana membangun PLTN tidak pernah terwujud karena terganjal persoalan-persoalan politis. 

Perang bisnis startup di warung kelontong

Perang bisnis startup di warung kelontong

Selasa, 10 Des 2019 20:34 WIB
Mengantisipasi bahaya kelangkaan stok BBM

Mengantisipasi bahaya kelangkaan stok BBM

Jumat, 06 Des 2019 17:50 WIB