sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DPO penyuplai senjata ke KKB ditangkap

Paniel Kogoya DPO pemasok senjata ke KKB ditangkap di Nabire Papua.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 20 Apr 2021 11:16 WIB
DPO penyuplai senjata ke KKB ditangkap

Paniel Kogoya, terduga penyuplai senjata beserta amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditangkap polisi. Pria tersebut masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak Januari 2021.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, penangkapan Paniel Kogoya dilakukan kemarin (19/4) pukul 11.30 WIT, di dekat Pasar Kali Bobo, Kabupaten Nabire, Papua. Dia ditangkap setelah dibuntuti oleh tim penyidik.

"Dia ditetapkan DPO dan ditangkap atas keterangan tersangka DC dan FA yang telah ditangkap oleh personil gabungan di Kabupaten Nabire pada Oktober 2020 lalu," ujar Kamal dalam keterangan resminya, Selasa (20/4).

Kamal menyebut, pada 2017, Paniel Kogoya menerima dua pucuk senjata api (senpi) jenis M4 dan pistol yang dibeli dari JA. Selanjutnya diantar oleh DC di dekat Gereja Adven Kalibobo, Kabupaten Nabire.

Sponsored

Kemudian pada 2018, Paniel Kogoya menerima senpi jenis M16 dari DC dan diantar didekat Gereja Adven Kalibobo, Kabupaten Nabire. "Tersangka membeli senpi M4 melalui DC pada bulan Juni 2019 dengan harga 300 juta," ujar Kamal.

Setelah didalami, tersangka juga membeli senpi jenis M16 melalui DC pada bulan Desember 2019 dengan harga 300 juta. Lalu kembali memesan senpi melalui DC seharga 550 juta pada awal tahun 2020. "Saat ini tersangka masih dalam pemeriksaan intens," tutur Kamal.

Berita Lainnya