logo alinea.id logo alinea.id

Fahri Hamzah: Sidang Ratna tidak perlu berlanjut

Kata Fahri Hamzah negara tidak perlu menghabiskan tenaga untuk persoalan hoaks Ratna Sarumpaet.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 07 Mei 2019 10:34 WIB
Fahri Hamzah: Sidang Ratna tidak perlu berlanjut

Fahri Hamzah datang menghadiri sidang Ratna Sarumpaet. Fahri mengenakan batik merah berpeci hitam dan tiba di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pukul 09.18 WIB. 

Wakil Ketua DPR RI tersebut mengaku tidak menyangka kasus dugaan penyebaran berita bohong akan larut sejauh ini. Menurut politikus PKS itu, sidang lanjutan aktivis kemanusiaan tersebut seharusnya tidak perlu diteruskan, Sebab, Ratna Sarumpaet sudah menyatakan permohonan maaf pada publik.

"Negara tidak perlu menghabiskan tenaga untuk hal begini-begini ya, karena ini kan persoalan yang sudah selesai karena dia sudah mengaku dan sebagainya," kata Fahri.

Fahri mengaku akan menjadi saksi yang meringankan untuk Ratna Sarumpaet. Dia merasa prihatin atas bergulirnya kasus penyebaran berita bohong hingga sepanjang ini. 

"Karena setelah peristiwa berlalu dan beliau minta maaf saya anggap sudah selesai. Rupanya berlanjut, berseri-seri sudah dua bulan lebih ya, bahkan sudah lama sejak beliau ditahan sudah tujuh bulan," ucapnya.

Sebelumnya, penasihat hukum Ratna Sarumpaet, Desmihardi mengatakan pihaknya bakal menghadirkan tiga orang saksi. Mereka adalah dua orang saksi fakta, dan satu orang lainnya menjadi saksi ahli. Salah satu yang bakal menjadi saksi fakta ialah Fahri Hamzah.

"Ada tiga orang saksi, dua (saksi) fakta satu (saksi) ahli. Asisten ibu RS dan bang Fahri Hamzah (saksi fakta)," kata Desmihardi, saat dikonfirmasi, Selasa (7/5).

Sementara itu, saksi fakta yang akan dihadirkan ialah saksi bahasa dari Universitas Indonesia. 

Sponsored