sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Fasilitas kesehatan di Pulau Galang siap digunakan

Progres pengerjaannya mencapai 78% pada Rabu (25/3).

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Kamis, 26 Mar 2020 11:38 WIB
Fasilitas kesehatan di Pulau Galang siap digunakan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1986
Dirawat 1671
Meninggal 181
Sembuh 134

Fasilitas observasi dan isolasi pasien penyakit menular di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), siap beroperasi pada akhir Maret 2020. Hingga Rabu (25/3), progres pekerjaan mencapai 78%.

"Kami masih perlu untuk melatih tenaga medis. Agar bisa mengoperasikan hingga efektif. Senin (30/3), bisa dioperasionalkan," ucap Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, saat meninjau lokasi.

Pada tahap I pembangunan, disiapkan 340 tempat tidur untuk observasi dan 20 ruang isolasi intensive care unit (ICU). Ruangan akan dilengkapi oksigen, tekanan negatif, pengatur suhu (AC) standar high efficiency particulate air (HEPA), dan kamar mandi.

Seluruh peralatan dijadwalkan tiba di Batam, hari ini (Kamis, 26/3). Perlengkapan diterbangkan dari Jakarta menggunakan hercules.

"Harapan kami, 340 ruang observasi siap digunakan dan 20 ruangan isolasi semua siap. Termasuk sarana pendukungnya," tuturnya.

Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Kementerian PUPR, Achmad Gani Ghazaly, melanjutkan, pembangunan sudah memasuki fase akhir. Tersisa beberapa pekerjaan.

"Sekarang masih bersih-bersih. Tapi, sudah bisa beroperasi pada Senin," ujar Achmad. Petugas kini tinggal melakukan pemolesan, membetulkan setop kontak, dan sebagainya.

Fasilitas air, tambah dia, juga sudah siap. Kapasitasnya lima liter per detik. Sumbernya dari Waduk Rempang dan ditampung ke embung di sekitar lokasi.

Sponsored

Sementara pekerjaan tahap II, rencananya akan langsung dikerjakan. Tekniknya sama, yakni menggunakan modular. (Ant)

Berita Lainnya