sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Firli Bahuri kembali dapat promosi

Sebelum dilantik menjadi Ketua KPK, Firli Bahuri kembali dimutasi.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 06 Des 2019 14:39 WIB
Firli Bahuri kembali dapat promosi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 123503
Dirawat 38539
Meninggal 5658
Sembuh 79306

Kapolri Jenderal Idham Azis kembali memberikan promosi jabatan kepada Komjen Firli Bahuri. Ia diangkat menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri, setelah menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan atau Kabaharkam Polri pada pertengahan November 2019 lalu.

Pengangkatan Firli menjadi Kabaharkam ditetapkan saat Kapolri menerbitkan surat telegram resmi (ST) nomor 3020/XI/KEP/2019 dan ST nomor 3019/XI/KEP/2019. Saat itu Firli mendapat kenaikan jabatan dari Kapolda Sumatera Selatan, bersama 205 perwira tinggi dan menengah lainnya. 

Pelantikan Firli sebagai Kabaharkam dilakukan pada 19 November 2019 di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta.

Belum satu bulan, Firli kembali mendapat promosi jabatan. Mutasi terhadap Firli disampaikan dalam surat telegram nomor ST/3229/XII/KEP/2019. 

Firli terus mendapat kenaikan pangkat dan jabatan dalam waktu singkat. Ia telah terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, yang akan dilantik pada Desember 2019.

Selain Firli, Kapolri juga memberikan promosi jabatan kepada perwira tinggi dan menengah Polri lainnya. Selain surat telegram tersebut, mutasi juga tercantum dalam ST/3228/XII/KEP/2019, ST/3230/XII/KEP/2019, dan ST/3232/XII/KEP/2019.

Dalam surat tersebut, posisi Kabaharkam diisi oleh Irjen Agus Andriyanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Utara. Adapun Kapolda Sumatera diisi oleh Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri.

Kemudian Irjen Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat dimutasi sebagai Asops Kapolri. Sedangkan jabatan Kapolda Papua Barat diisi Brigjen Tornagogo Sihombing, yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri.

Sponsored

Brigjen Daniel Tahi Monang Silitongan yang sebelumnya menjabat sebagai Karobinopsnal, menggantikan Tornagogo sebagai Dirtipideksus.

Selanjutnya, Kapolda DIY Irjen Ahmad Dofiri dimutasi ke jabatan Aslog Kapolri. Jabatan Kapolda DIY pun digantikan Irjen Asep Suhendar yang sebelumnya menjabat Aslog Kapolri.

Kepala Biro Pembinaan Karir SDM Polri Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan mutasi itu. Menurutnya, hal itu menjadi suatu yang rutin dilakukan di tubuh Polri.

"Iya, mutasi beberapa Kapolda dan PJU lainnya dalam rangka binkar, tour of duty, and tour of area dalam rangka kinerja organisasi," ucap Dedi kepada reporter Alinea.id, Jumat (6/12).

Berita Lainnya