sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Fraksi PKS: Seharusnya Kemenkes jadi leading sector penanganan Covid

Kebijakan pemerintah harus sejalan dengan tata kelola yang baik, dengan mempertimbangkan tupoksi pada setiap elemen terkait.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 17 Sep 2020 11:15 WIB
Fraksi PKS: Seharusnya Kemenkes jadi leading sector penanganan Covid
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Ketua Tim Covid-19 Fraksi PKS DPR Netty Prasetiyani Aher mempertanyakan, sikap Presiden Joko Widodo yang menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk menekan penyebaran Covid-19 di sembilan provinsi prioritas. 

"Kenapa yang ditunjuk adalah Menko Kemaritiman dan Investasi yang tidak bersentuhan langsung dengan bidang kesehatan? Bukankah beberapa waktu lalu Presiden menyampaikan akan memprioritaskan kesehatan dibanding pemulihan ekonomi?" kata Netty, dalam keterangannya, Kamis (17/09).

Menurutnya, kebijakan pemerintah harus sejalan dengan tata kelola yang baik, dengan mempertimbangkan tupoksi pada setiap elemen terkait. Dia menilai, Kementerian Kesehatan yang mempunyai kapasitas dalam menangani Covid-19.

"Seharusnya Kementerian Kesehatan menjadi leading sector dalam penanganan pandemi ini. Bagaimana kita akan membangun sistem manajemen nasional yang baik jika kementerian terkait tidak diberi kewenangan luas  untuk melakukan tupoksinya," ujarnya.

Politikus PKS itu mengatakan, Kementerian Kesehatan harus sigap membenahi persoalan yang berkaitan dengan Covid-19 seperti, minimnya APD, kapasitas rumah sakit, ketersediaan alat dan bahan test,  laboratorium dan upaya pengembangan vaksin.

"Ini seharusnya menjadi domain Kementerian Kesehatan untuk menyelesaikannya dengan baik. Terlalu banyak kepala mengurusi manajemen pandemi, alih-alih beres malah menimbulkan krisis," tegas dia.

Kendati demikian, Netty meminta pemerintah segera menunjukkan langkah nyata dalam menangani pandemi secara baik seperti memprioritaskan keselamatan rakyat, dan penunjukkan personal penanggungjawab didasari atas pertimbangan terbaik.

"Saya menunggu greget pemerintah" tands Netty.

Sponsored

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menekan kasus Covid-19 di sembilan provinsi prioritas. Kantor Staf Presiden (KSP) menyebut Luhut dinilai Jokowi mampu mengeksekusi arahan.

Berita Lainnya