sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ganjar: TKI terpapar B117 jalani swakarantina di Brebes

Sebanyak 8 orang lainnya pun menjalani isolasi mandiri karena berstatus kontak erat.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Kamis, 04 Mar 2021 19:33 WIB
Ganjar: TKI terpapar B117 jalani swakarantina di Brebes
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyatakan, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang terpapar mutasi baru Covid-19 Inggris atau B.1.1.7 di Brebes sedang menjalani swakarantina. Pun demikian dengan delapan orang berstatus kontak erat.

"Sudah dilakukan tracing kurang lebih ada delapan orang yang berhubungan erat dan sudah dites semuanya pagi tadi. Hasilnya dikirim langsung ke Jakarta sehingga nanti kita akan nunggu hasilnya beberapa hari lagi," ucapnya di Kota Semarang, Kamis (4/3).

Mereka yang menjalani swakarantina di kediaman masing-masing dalam pengawasan ketat. Namun, diharapkan dipindah ke tempat isolasi yang terpusat. 

“Syukur-syukur kalau mau, mereka nanti dipindahkan ke tempat isolasi yang terpusat. Tadi, saya juga sudah kontak dengan Sekda Brebes dan sudah diberikan laporan semuanya," jelas Ganjar, melansir situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Di sisi lain, dia mengklaim, langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes usai mengetahui ada warga yang terinfeksi B.1.1.7. Petugas kemudian melakukan pelacakan kontak guna meminimalisasi laju penularan.

"Untuk sementara kita karantina. Yang betul-betul mereka tidak berhubungan dengan orang lain sambil dipantau, tapi enggak perlu ditakut-takuti. Yang penting dipantau saja, dibantu segala sesuatunya agar nyaman,” paparnya.

Ganjar pun mengimbau masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Harapannya, laju penularan dapat ditekan.

“Masyarakat tetap jaga protokol kesehatan, dan mereka yang lansia ada kesempatan sekarang vaksinasi. Segera daftar agar bisa lebih cepet mereka mendapatkan vaksinasi, sehingga setidaknya itu bisa memperkuat daya tahan tubuhnya. Tapi apapun yang terjadi juga itu mesti dipantau terus menerus,” tandas Ganjar.

Sponsored

M dan A, dua warga Karawang, Jawa Barat (Jabar), yang menjadi TKI di Arab Saudi terdeteksi terpapar B.1.1.7 saat pulang ke tanah air pada Selasa (2/3) malam. 

Berdasarkan penelusuran, hanya M yang masih berada di tempat tinggalnya, Kecamatan Lemah Abang, Karawang. Sedangkan A pulang ke kampung halaman di Brebes.

Berita Lainnya