sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gedung BPOM kebakaran, publik diminta tak spekulasi

Rahmad menyebut, penyebab kebakaran gedung BPOM ialah korsleting listrik.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 19 Jul 2021 17:48 WIB
Gedung BPOM kebakaran, publik diminta tak spekulasi

Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo, menyatakan, semua pihak tidak berspekulasi terkait kebakaran yang yang terjadi di Gedung Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Minggu (18/7) malam. Dia meminta, kepolisian untuk menginvestigasi penyebab kebakaran.

"Kita tidak perlu berandai-andai, ya. Jangan memunculkan spekulasi yang tidak-tidak, berandai-andai," kata Rahmad kepada Alinea.id, Senin (19/7).

Dari informasi yang didapatnya, Rahmad menyebut, penyebab kebakaran gedung BPOM ialah korsleting listrik. Kendati demikian, polisi harus memastikan hal tersebut untuk menghindari spekulasi publik.

"Untuk menghindari spekulasi, menghindari kejadian-kejadian atau pikiran-pikiran di masyarakat lebih baik kita serahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib untuk mendalami semua ini," ujar dia.

Politikus PDIP ini mengaku, prihatin dengan kebakaran gedung BPOM. Apalagi, kata dia, lembaga itu diharapkan publik sebagai salah satu alat perang menghadapi pandemi Covid-19 saat ini. Kendati demikian, Rahmad mengatakan, menjadi tugas polisi untuk menemukan penyebab kebakaran.

"Ini saya kira menjadi suatu yang krusial terhadap tugas fungsi pokok terlebih di pandemi ini. Banyak tugas yang dibebankan kepada BPOM," ujarnya.

Sambil menunggu investigasi polisi, Rahmad menerangkna, hal yang paling penting adalah tugas pokok dan fungsi (tupoksi) BPOM tidak terganggu oleh kebakaran tersebut.

"Kalau toh terganggu paling berkas-berkas penting yang (perlu) didalami. Tapi paling tidak, tupoksi BPOM tidak terganggu," pungkasnya.

Sponsored

Sebelumnya, api membakar lantai dasar gedung BPOM dengan luas area yang terbakar sekitar 200 meter persegi. Total kerugian ditaksir mencapai Rp600 juta.

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik. Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat ) Jakarta Pusat Asril Rizal mengungkapkan bahwa kebakaran dimulai ketika Kantor BPOM sedang ada perbaikan panel di Gedung Lorong F Timur dan F Barat.

Sementara itu, BPOM dalam keterangannya menyatakan kebakaran terjadi saat pekerja tengah melakukan peremajaan panel listrik.

Berita Lainnya