logo alinea.id logo alinea.id

Geledah konter hp, Densus 88 temukan dua bom pipa

Sejumlah bahan pembuat bom juga ditemukan di lokasi penggeledahan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 08 Mei 2019 20:40 WIB
Geledah konter hp, Densus 88 temukan dua bom pipa

Densus 88 melakukan penggeledahan di sebuah konter handphone Wanky Cell, yang berada di Jalan Muckhtar Tabrani, Bekasi, Jawa Barat. Penggeledahan terkait dengan penangkapan terduga teroris di Bekasi pada Sabtu (4/5) dan Minggu (5/5) lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan adanya penggeledahan ini. Namun ia mengaku belum dapat memberikan keterangan mendalam atas penggeledahan tersebut.

“Betul ada giat tersebut oleh Densus, karena sedang mengembangkan kasus tersebut,” ujar Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (8/5).

Dalam penggeledahan tersebut, tim Densus menemukan dua bom pipa besi yang tidak dilengkapi switching. Terduga teroris yang ditangkap di Bekasi pekan lalu, memang telah menyiapkan bom siap pakai.

Sponsored

Selain dua bom pipa, polisi juga menemukan sejumlah bahan pembuat bom seperti pupuk booster lengkeng, HCL dalam botol, serbuk putih, dan beberapa cairan di dalam botol. Polisi membawa serbuk putih dan cairan dalam botol untuk dilakukan pengecekan di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor).

Terduga teroris yang ditangkap di Bekasi merupakan Jaringan Jamaah Ansharut Daullah (JAD) Lampung pimpinan SL. Total delapan terduga teroris jaringan ini yang ditangkap, yakni RH dan M di Bitung, MI, IF, T, S dan AN di bekasi, dan MC di Tegal.

Kelompok ini sempat menyasar Pospol Jatiasih dan berencana menunggangi momentum people power untuk menjalankan aksi terornya.