sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Hotel Grand Cempaka alih fungsi jadi tempat istirahat paramedis

481 kamar Hotel Grand Cempaka milik Pemprov DKI menjadi tempat istirahat tenaga medis.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Kamis, 26 Mar 2020 17:06 WIB
Hotel Grand Cempaka alih fungsi jadi tempat istirahat paramedis
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Tenaga medis di Jakarta tidak lagi perlu khawatir mendapatkan respons kurang baik dari lingkungannya, seusai merawat pasien Covid-19. Pasalnya Pemprov DKI telah mengalihfungsikan Hotel Grand Cempaka yang dimiliki BUMD, sebagai tempat istirahat tenaga medis.

"Mulai hari ini, Hotel Grand Cempaka Business, milik PT Jakarta Tourisindo, diubah dan dioperasikan sebagai tempat peristirahatan bagi para tenaga medis di Jakarta, yang sedang berjuang keras mengalahkan wabah Covid-19," kata Anies dikutip dari status Facebook miliknya, Kamis (26/3).

Tenaga medis yang mengurusi pasien Covid-19 merupakan pejuang dengan tugas dan risiko yang besar. Untuk itu, Pemprov DKI akan mendukung penuh kebutuhan dan fasilitas tenaga medis terutama dalam melaksanakan tugasnya. 

"Wajah tertutup masker, tetapi perannya terlihat dengan nyata," ujar Anies. 

Sebanyak 220 kamar dengan 414 tempat tidur telah disiapkan di hotel tersebut. Dalam waktu dekat Pemprov DKI juga akan menambah dan mengoperasikan tiga hotel milik BUMD DKI, untuk dijadikan tempat istirahat tenaga medis tersebut. 

"Jumlah total 261 kamar tambahan dan 361 tempat tidur. Seluruh fasilitas pendukung di dalamnya disiapkan khusus untuk melindungi dan melayani para tenaga medis," kata Anies. 

Setiap kamar di hotel tersebut akan disemprotkan disinfektan secara rutin. Tak hanya itu, Pemprov juga akan menyediakan makanan untuk tenaga medis. 

"Bilik disinfektan disediakan di luar pintu masuk dan ke luar," katanya. 

Sponsored

Selain itu, 15 bus TransJakarta dan 50 bus sekolah yang akan dioperasikan khusus untuk antar jemput tenaga medis. 

Kata Anies, ada 138 tenaga medis dari RSUD Tarakan dan RSUD Pasar Minggu yang telah menempati hotel Grand Cempaka Business tersebut dan ratusan tenaga medis lainnya akan menyusul.

"Dukungan dari kita semua, semoga dapat meringankan beban para pejuang kemanusiaan ini," ucapnya. 

Berita Lainnya