sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

H+3 Lebaran, pemudik masih berangkat dari Stasiun Gambir

Hingga hari terakhir libur lebaran ini, masih banyak penumpang yang baru pergi mudik ke kampung halaman.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Minggu, 09 Jun 2019 09:36 WIB
H+3 Lebaran, pemudik masih berangkat dari Stasiun Gambir

Para penumpang kereta api masih memadati Stasiun Gambir, Jakarta, pada H+3 Lebaran atau Minggu (8/6). Hingga hari terakhir libur lebaran ini, masih banyak penumpang yang baru pergi mudik ke kampung halaman.

Salah satunya adalah Wati Hendrawati (48), yang akan mudik ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Ia mengaku baru mendapat libur hari raya, sehingga baru bisa mengunjungi keluarganya di Tasikmalaya.

"Ada tugas di Jambi, karena tidak ada pesawat yang langsung ke Bandung saya naik kereta. Ini baru pertama kali, semoga selamat sampai tujuan," ujarnya kepada reporter Alinea.id di Stasiun Gambir, Minggu (9/6).

Wati mengatakan, akibat telat pulang, ia akan memperpanjang cuti kerja hingga sepekan ke depan. "Jadinya saya baru akan balik kerja lagi tanggal 16 Juni," ujarnya.

Selain itu, ada Putri Syifa (27) bersama suaminya yang akan mudik ke Yogyakarta, Jawa Tengah. Ia mengaku tidak kebagian tiket untuk pulang sebelum lebaran sehingga mudik setelah lebaran.

"Iya baru bisa pulang, soalnya kemarin-kemarin coba pesan tiket tapi enggak dapat. Alhamdulillah hari ini dapat," ujarnya.

Dengan demikian, ia pun harus menambah cutinya untuk bertemu dengan keluarga dan berlibur di Yogyakarta. "Harusnya besok masuk, tapi saya cuti 5 hari," ucapnya.

Penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (9/6). Alinea.id/Eka Setiyaningsih

Sponsored

Berdasarkan data PT Kereta Api Indonesia (Persero), ada 20.181 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir pada Sabtu (8/6). Sedangkan yang tiba ada 21.009 penumpang.

Jumlah penumpang yang berangkat tersebut menurun dari 7 Juni yakni sebesar 21.907 orang. Sedangkan ada peningkatan jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Gambir dari yang sebelumnya 20.424 orang.

PT KAI belum memiliki data terbaru terkait keberangkatan dan kedatangan penumpang pada pagi hari ini.