sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Hadapi Pilkada 2020 dan PON Papua, TNI-Polri gelar rapim

Politik identitas dan kerawanan di sosmed jadi atensi pengamanan Pilkada serentak. 

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 28 Jan 2020 10:05 WIB
Hadapi Pilkada 2020 dan PON Papua, TNI-Polri gelar rapim
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

Jajaran TNI dan Polri menggelar rapat pimpinan atau rapim yang dilaksanakan di Mabes TNI, Jakarta Timur hari ini. Dalam rapim tersebut, Pemilihan Kepala Daerah alias Pilkada Serentak 2020 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, menjadi fokus pembahasan utama.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan kondusivitas dua agenda tersebut akan menjadi tanggung jawab aparat keamanan. TNI dan Polri pun menjamin kesiapan keamanan dalam dua agenda besar tahun ini.

“Akhirnya kita siap mengamankan dan kita mampu mengawal dalam rangka membantu pembangunan nasional,” kata Hadi di Mabes TNI, Jakarta Timur, Selasa (28/1).

Ia pun menekankan sinergisitas TNI dan Polri dalam menghadapi dua agenda besar itu. Menurutnya, soliditas TNI dan Polri terus terjaga dan semakin kuat. 

Hadi memerintahkan kepada seluruh anggota TNI dan Polri untuk mengantisipasi sejumlah kerawanan, khususnya dalam Pilkada serentak. Menurutnya, seluruh jajaran harus meningkatkan kepekaan dan kepedulian, untuk melakukan pencegahan dini atas kerawanan yang telah dipetakan.

“Waspadai kerawanan pemilu, politik identitas, kerawanan di sosmed,” ucap Hadi.

Selain itu, para personel TNI dan Polri juga diminta menjaga netralitas dalam Pilkada serentak. Hadi menginstruksikan agar seluruh jajaran TNI dan Polri menjaga kepercayaan masyarakat.

Selain dua agenda tersebut, Hadi menyebut, bencana alam dan eksploitasi sumber daya alam juga menjadi perhatian aparat keamanan. Sebab, musim penghujan yang telah menimbulkan sejumlah bencana di beberapa wilayah, akan diikuti dengan musim kemarau yang berpotensi menimbulkan kekeringan yang berdampak pada gagal panen di masyarakat.

Sponsored
Berita Lainnya