sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Hasil survei Charta Politika, cuma 7 parpol yang lolos ke Senayan

Partai yang mewakili presiden cenderungan mengalami kenaikan elektabilitas.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Kamis, 04 Apr 2019 19:12 WIB
Hasil survei Charta Politika, cuma 7 parpol yang lolos ke Senayan

Sebanyak tujuh dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019 disebut-sebut bakal lolos ke Kompleks Parlemen Senayan. Ketujuh partai politik tersebut antara lain PDI Perjuangan, Gerindra, PKB, Golkar, Partai Demokrat, Partai Nasdem dan PKS. Demikian hasil survei yang dilakukan Charta Politika baru-baru ini.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, mengatakan ada 9 partai politik yang bakal terseok-seok untuk lolos ambang batas parlemen sebesar 4%. Kesembilan parpol tersebut antara lain PAN, PPP, PSI, Perindo, Partai Hanura, PBB, PKPI, Partai Garuda dan Partai Berkarya.

“Partai yang mewakili presiden kecenderungan elektabilitasnya naik, yaitu PDIP dan Gerindra. Sedangkan PPP yang merupakan partai lama cenderung turun,” kata Muslimin di Jakarta pada Kamis, (4/4).

Muslimin mengungkapkan, elektabilitas PDI Perjuangan berdasarkan hasil survei berada di angka 25,3%. Kemudian disusul Gerindra 16,2% dan Golkar 11,3%. Sementara 4 partai sisanya yang berada di bawah dua digit, yakni PKB 8,5%, Partai Demokrat 5,2%, Partai Nasdem 5,2% dan PKS 5%. 

“Dengan hasil tersebut, PDIP sudah diambang kemenangan lantaran selisihnya cukup jauh dari partai lainnya.Seperti Gerindra saja misalnya, selisihnya hampir 10%. Sementara dengan Golkar 14%. Ini menjadikan PDIP calon kuat pemenang Pemilu 2019,” katanya 

Sementara partai yang memiliki elektabilitas di bawah 4 % dan masih berpeluang lolos ke Senayan yakni PAN 3,3%, PPP 2,4%, PSI 2,2% dan Perindo 2%. Muslimin mengatakan, keempat parpol tersebut berpeluang karena masih ada margin of error sebesar 2,19%. 

“Jika dioptimalkan di akhir masa kampanye, maka bisa membuat partai-partai ini  lolos ke Senayan,” ujarnya.

Selain itu, Muslimin pun menyebutkan partai-partai yang diprediksi tak akan lolos ambang batas parlemen, lantaran elektabilitasnya terlalu kecil di antaranya yakni Hanura 1%, PBB 0,5%, PKPI 0,2%, Garuda 0,2% dan Berkarya 0,1%. 

Sponsored

Muslimin menambahkan, survei yang dilakukan pihaknya ini dihimpun menggunakan metode penarikan sampel secara acak bertingkat pada 19 sampai 25 Maret 2019. Survei melibatkan 2.000 responden dengan batas galat sebesar 2,19% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.