logo alinea.id logo alinea.id

Hore! Tol Trans Jawa gratis

Pemerintah memutuskan untuk menggratiskan ruas tol Trans Jawa selama musim libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019.

Soraya Novika
Soraya Novika Senin, 03 Des 2018 18:25 WIB
Hore! Tol Trans Jawa gratis

Pemerintah memutuskan untuk menggratiskan ruas Tol Trans Jawa selama musim libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra mengatakan, ruas Tol Trans Jawa yang digratiskan sepanjang 179 kilometer.

"Selama Natal dan Tahun Baru, sebanyak empat ruas Tol Trans Jawa akan digratiskan," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (3/12).

Adapun ruas Tol Trans Jawa yang akan digratiskan itu antara lain Tol Semarang-Batang (75 km), Pemalang-Batang (33 km), Salatiga-Solo (32 km), dan Wilangan-Kertosono (39 km).

Namun, keempat ruas tol itu belum juga diresmikan karena masih harus menyelesaikan proses finalisasi proyek. Meski demikian, Herry memastikan bahwa ruas tol tersebut sudah dapat beroperasi secara penuh.

"Rencananya diresmikan bulan ini dan dipastikan sudah bisa dimanfaatkan secara operasional akhir tahun nanti, bukan hanya fungsional,” tuturnya.

Rencananya, tarif pada keempat ruas jalan tol tersebut akan mulai diberlakukan seusai libur Tahun Baru. 

“Setelah Tahun Baru tarif mulai diberlakukan dan ini sudah kita koordinasikan bersama Badan Usaha Jalan Tol,” ungkapnya.

Sponsored

Adapun besar tarif yang akan diberlakukan nantinya disesuaikan dengan jenis kendaraannya. Di mana, kendaraan pribadi atau golongan 1 akan dikenakan tarif sebesar Rp1.000 per km, golongan 2 dan 3 sebesar Rp1.500 per km, serta golongan 4 dan 5 sebesar Rp2.000 per km.

Upaya lain yang juga tengah dijalankan pemerintah untuk meningkatkan sistem jaringan jalan nasional adalah dengan mengurangi beberapa perlintasan sebidang kereta api, melalui pembangunan Jalan Lingkar Tonjong pada ruas Prupuk-Bumiayu-Purwokerto, dan Underpass Karang Sawah akan diselesaikan pada tahun 2018. 

Pembangunan flyover untuk mengurai kemacetan di perlintasan kereta juga diprioritaskan dibangun tahun 2019 seperti flyover Kroya yang ada di antara ruas Purwokerto ke Cilacap.

Kementerian PUPR terus berkoordinasi bersama Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian RI dan BUJT untuk mewujudkan musim Liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dari Merak di Banten hingga Surabaya, Jawa Timur berjarak 870 kilometer. Jarak sejauh itu, Insya Allah akan tersambung melalui Jalan Tol Trans Jawa pada akhir tahun 2018. Hari ini, di depan Rest Area KM 538, saya meresmikan beroperasinya ruas tol Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer -- bagian dari Tol Solo-Ngawi yang panjangnya 90,4 kilometer. Dengan demikian, sampai hari ini, panjang Tol Trans Jawa dari Merak-Surabaya yang sudah selesai menjadi 690 kilometer. Sementara empat ruas tol sepanjang 180 kilometer sisanya masih dalam tahap penyelesaian akhir yakni ruas Tol Pemalang-Batang (33 kilometer), Batang-Semarang (75 kilometer), Salatiga-Solo (33 kilometer) dan Wilangan-Kertosono (39 kilometer). Seluruhnya ditargetkan selesai pada akhir Desember 2018. Jalan Tol Trans Jawa ini akan dilanjutkan hingga Banyuwangi secara bertahap pada 2019. Panjang tol dari Merak ke Banyuwangi adalah 1.150 kilometer. Tol Trans Jawa harus dimanfaatkan oleh para kepala daerah untuk mengintegrasikannya dengan kawasan-kawasan produktif, seperti kawasan industri dan pertanian, serta mendukung kawasan wisata.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on