sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Husain Abdullah: JK tak terlibat kepulangan HRS

Kalau itu ditujukan kepada Pak JK, tulisan tersebut merupakan tuduhan membabi buta tanpa fakta dan data yang jelas.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Minggu, 22 Nov 2020 13:12 WIB
Husain Abdullah: JK tak terlibat kepulangan HRS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 557.877
Dirawat 77.969
Meninggal 17.355
Sembuh 462.553

Juru Bicara Muhammad Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah, menegaskan tidak ada hubungannya dengan kepulangan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizeq Shihab. Bahkan, dia mengatakan, JK tidak pernah mengkomunikasikan hal itu.

"Pak JK tidak pernah mengkomunikasikan atau pun mendanai kepulangan HRS (Habib Rizieq Shihab)," ujar Husain dalam keterangannya, Minggu (22/11).

Menurutnya, tuduhan itu bermula dari ucapan politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, di Twitter. Cuitan tersebut, imbuhnya, dijadikan dasar oleh pengamat sosial politik, Rudi S Kamri, dalam tulisan berjudul "Sang Bandar Chaplin pun Akhirnya Keluar Sarangnya karena Kepanasan".

"Kalau itu ditujukan kepada Pak JK, maka tulisan tersebut merupakan sebuah tuduhan membabi buta tanpa fakta dan data yang jelas. Tepatnya cocoklogi," ujarnya.

Husain berpendapat, tulisan Rudi bukan saja menciptakan kegaduhan dan penyesatan, tetapi merusak hubungan sosial, budaya saling menghargai sebagaimana budaya Bugis-Makassar; Sipakatau, yang mengakar di Indonesia.

"Karena dengan entengnya menuduh sekalipun dengan penyamaran-penyamaran, yang bisa merusak hubungan silaturrahmi orang atau kelompok yang diasosiasikan dengan pihak lain yang selama ini hubungannya terpelihara dengan baik," jelasnya.

Lebih lanjut, Husain menjelaskan sebelum ke Arab Saudi, JK lebih dulu ke Vatikan untuk menemui Pemimpin Umat Khatolik Paus Fransiskus dalam rangka penjurian pemberian gelar Sayeed Award for Human and Fraternity. Perjalanan JK ke Vatikan dan Arab Saudi berlangsung 20-25 Oktober 2020.

Setelah bertemu Paus Fransiskus, imbuhnya, JK melanjutkan perjalanan ke Saudi Arabia untuk menyaksikan penanda tanganan perjanjian kerjasama Pembangunan Museum Rasulullah Muhammad SAW yang akan dibangun di Jakarta. Setelahnya, menunaikan ibadah umrah.

Sponsored

"Perjalanan Pak JK ke Vatikan dan Mekkah murni perjalanan misi kemanusiaan dan ibadah. Tidak bersangkut paut dengan kepulangan HRS. Apalagi politik dalam negeri, apalagi 2024," jelasnya.

Berita Lainnya