sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

HUT Bhayangkara dirayakan virtual dipimpin Presiden Jokowi

Sejumlah amanat diberikan presiden kepada Polri untuk tugas ke depan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 01 Jul 2020 09:29 WIB
HUT Bhayangkara dirayakan virtual dipimpin Presiden Jokowi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara digelar pagi ini secara virtual dari Istana Negara dan Mabes Polri. Upacara digelar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Acara digelar dengan Kapolri Jenderal Idham Azis mendampingi Presiden Jokowi di Istiana dan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono memimpin para pejabat Polri lainnya di Mabes Polri mengikuti upacara.

Dalam upacara, Presiden Jokowi memberikan amanat dan ucapan selamat ulang tahun kepada Polri. Presiden Jokowi menyampaikan agar membantu penanganan Covid-19, karena keberadaan Polri sangat dibutuhkan.

"Kita harus bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan, maupun permasalahan ekonomi dalam situasi yang sulit sekarang ini. Kehadiran dan keterlibatan jajaran Polri sangat dibutuhkan, mulai dari jajaran Mabes, Polda, Polres dan Polsek, sampai bhabinkamtibmas," ujar Jokowi dalam amanatnya di Istana Negara, Rabu (1/7).

Kemudian, Presiden Jokowi juga meminta peran aktif Polri mengawal distribusi bantuan sosial ke masyarakat yang sampai saat ini masih berjalan. Di samping itu, situasi keamanan juga harus dipastikan Polri untuk tetap kondusif.

Presiden Jokowi juga berpesan agar Polri bekerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya dalam mengawal penggunaan anggaran Covid-19. Ia meminta aparat penegak hukum tidak segan-segan menindak para pelaku penyelewengan anggaran Covid-19.

Di samping itu, Polri diminta untuk tetap menjalankan program yang sudah disiapkan dengan berbagai tantangan cukup berat. Tidak hanya berbagai jenis kejahatan yang menjadi tantangan, tetapi salah satunya pengamanan Pilkada Serentak 2020 pada Desember 2020.

"Polri akan menghadapi tantangan lebih berat dan kompleks, mulai dari kejahatan konvensional, lintas negara, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara harus ebih juga perlu diwaspadai terutama menjelang pelaksanaan pilkada serentak di akhir tahun," tutur Jokowi.

Sponsored

Puncak perayaan HUT Bhayangkara ke-74 itu pun diisi dengan pemberian penghargaan bintang narariya terhadap empat anggota Polri. Lalu, dihadiri secara virtual oleh mantan kapolri, seluruh jajaran Polri, sejumlah menteri, dan sejumlah pejabat negara.

Berita Lainnya