sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

HUT RI, bendera raksasa dikibarkan di Kali Ciujung

Pengibaran bendera merah putih raksasa merupakan protes terhadap menghitamnya air sungai.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Sabtu, 17 Agst 2019 17:01 WIB
HUT RI, bendera raksasa dikibarkan di Kali Ciujung

Puluhan mahasiswa pencinta alam (Mapala) Banten memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI dengan cara yang berbeda. Mereka mengibarkan bendera merah putih raksasa di atas jembatan Kali Ciujung, Serang, Banten, yang tercemar limbah pabrik.

Jajang, koordinator aksi, mengatakan aliran sungai Ciujung yeng terletak di Desa Walikukun, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang tersebut kian hitam dan berbau akibat tercemar limbah pabrik. Alhasil, masyarakat tidak bisa beraktivitas di sungai, semisal mandi dan mencuci.

"Tujuan melakukan pengibaran bendera di Ciujung yaitu untuk menampung semua keluh kesah masyarakat mengenai limbah pabrik yang mencemari sungai Ciujung," kata Jajang, Sabtu (17/8).

Dengan kegiatan itu, Jajang mengatakan, Mapala Banten berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dapat memperhatikan dan memberikan solusi pencemaran lingkungan di sungai tersebut. "Jangan dibiarkan begini," kata dia. 

Sponsored

Pencemaran Sungai Ciujung karena limbah industri merupakan masalah klasik di Banten. Pemkab Serang sempat mengakui memperbolehkan industri membuang limbah di sungai tersebut. 

Sebelumnya, Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan DLH Kabupaten Serang Muas Sisulhaq menyebut menghitamnya air sungai sebagai fenomena tahunan yang terjadi setiap musim kemarau tiba.