sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IDI: Vaksinasi untuk membentuk kekebalan tubuh

IDI mendukung program vaksinasi yang digulirkan pemerintah.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Rabu, 13 Jan 2021 17:31 WIB
IDI: Vaksinasi untuk membentuk kekebalan tubuh
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng Mohammad Faqih, mengajak seluruh pihak untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Vaksin yang akan diberikan secara gratis bagi kurang lebih 70% rakyat Indonesia tersebut, kata Daeng Fakih, untuk membentuk kekebalan tubuh untuk mencegah terjadinya infeksi Covid-19.

“Bismillah mulai hari ini kita bersama-sama melaksanakan vaksinasi. Tujuannya satu, untuk cepat terbentuknya kekebalan pada tubuh kita semua supaya dengan tubuh kita kebal, memiliki antibodi, maka tubuh kita akan bisa tercegah dari terinfeksi COVID-19,” ujarnya, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1).

Dia berharap program vaksinasi bisa mengurangi potensi gugurnya para dokter dan tenaga kesehatan yang sudah di atas 500 orang di seluruh Indonesia.

“Khusus untuk dokter dan tenaga kesehatan, kalau kekebalan tubuh terbentuk dan terhindar dari infeksi Covid-19, maka kita juga akan mengurangi angka gugurnya dokter dan tenaga kesehatan yang sekarang ini sudah tinggi,” ujarnya melansir setkab.go.id.

Dia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi perdana ini telah melewati serangkaian prosedur yang panjang untuk memastikan keamanan, keefektifan, khasiat maupun kehalalan vaksin. Bahkan, sudah dinyatakan halal dan suci oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Jadi sekali lagi, mari kita bismillah kita laksanakan vaksinasi ini, agar persoalan Covid-19 bisa kita selesaikan dengan baik,” tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah disuntik dosis pertama vaksin Covid-19. Presiden menyampaikan, penyuntikan vaksin perdana tersebut merupakan upaya besar sebagai warga negara agar terbebas dari pandemi Covid-19.

“Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini, berjalan dengan lancar,” kata Jokowi.

Sponsored
Berita Lainnya