sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Peserta WNA Ijtima Dunia Zona Asia dikarantina

Tidak mendapatkan izin keramaian, acara Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan ditunda.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 19 Mar 2020 09:11 WIB
Peserta WNA Ijtima Dunia Zona Asia dikarantina
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 240687
Dirawat 56889
Meninggal 9448
Sembuh 174350

Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan resmi dibatalkan. Para peserta, yang sudah datang akan menjalani proses karantina sampai waktu keberangkatan ke negara asal.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Selatan Kombes Ibrahim Tompo menyatakan, peserta dari negara lain akan ditempatkan dalam satu ruangan khusus. Ini dilakukan, usai penyelenggaraan Ijtima Asia resmi ditunda demi mencegah kerumunan saat pembatasan sosial saat ini.

"Untuk WNA akan dikarantina. Namun, bukan protokol Covid-19. Tetapi karantina menunggu keberangkatan sesuai tiket. Ditempatkan di satu tempat," kata Tompo saat dikonfirmasi dari Jakarta, Kamis (19/3).

Tompo menuturkan, polisi dan TNI akan mengawal karantina tersebut. Kendati demikian, dia tidak dapat membeberkan jumlah pasukan yang dikerahkan untuk mengawasi proses karantina tersebut. "Akan tetap dikawal agar tidak membaur dengan masyarakat," jelasnya.

Sponsored

Tompo menambahkan, pembatalan acara itu telah disepakati seluruh pihak. Terlebih, aparat kepolisian tidak mengeluarkan izin keramaian untuk acara tersebut.

Sebagaimana diketahui, acara Ijtima Dunia Zona Asia akan dihadiri 411 orang dari sembilan negara dan 8.283 orang dari 29 daerah Indonesia. Acara Ijtima itu, rencana awal diselenggarakan pada 19-22 Maret 2020.

Berita Lainnya