sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Imlek di tengah pandemi, Menag Yaqut minta rayakan dengan sederhana

Situasinya sekarang berbeda, Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Kamis, 04 Feb 2021 12:02 WIB
Imlek di tengah pandemi, Menag Yaqut minta rayakan dengan sederhana

Jelang peringatan tahun baru Imlek 2572 Kongzili pada 12 Februari 2021, umat Khonghucu diminta memahami situasi.

“Kami sangat bisa merasakan nuansa agamis dari tahun baru imlek ini. Tentu, karena situasinya sekarang berbeda, Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19. Saya kira umat Konghucu juga harus mau mawas diri,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/1).

Ia pun mengimbau agar umat Khonghucu merayakan imlek tahun ini secara sederhana. Apalagi imlek bukan hanya pergantian tahun belaka, tetapi perayaan ungkapan syukur kepada Tuhan (Tian). Maka, biasanya umat Khonghucu berbagi angpao, memeriahkan dengan aksi barongsai, hingga bersilaturahmi ke sanak keluarga.

Gus Yaqut, sapaannya, bercerita ketika masih anak-anak pernah bersama rekan-rekan santri berkunjung ke pemukiman China dekat pesantrennya.

“Kami biasa dalam perayaan imlek ini, anak-anak santri dan saya tentu saja, ikut datang ke rumah saudara-saudara yang merayakan imlek. Dan kami senang sekali, karena mendapatkan ampau pada waktu itu,” tuturnya.

Dalam konteks pandemi Covid-19, sebaiknya perayaan imlek dilakukan dengan memaknai kembali ajaran Tian dengan mengutamakan upaya menjaga dan melindungi manusia. Misalnya, dengan mengganti kebiasaan bersilaturahmi ke sanak keluarga dengan pertemuan via virtual.

Ia mengaku telah berkomunikasi dengan para tokoh Khonghucu dan Tionghoa ihwal pelaksanaan perayaan imlek secara sederhana. Ia pun meminta umat Khonghucu menganggap pergantian tahun ini sebagai merefleksikan diri agar dapat menjadi insan yang lebih baik. Ia pun mengajak umat Khonghucu berdoa agar Indonesia segera terbebas dari pandemi Covid-19.

“Selamat merayakan imlek bagi saudara-saudara umat Khonghucu. Kita semua berharap diberkahi untuk tahun yang akan datang,” ucapnya.

Sponsored
Berita Lainnya