sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia kembali terima 6 juta bulk vaksin Sinovac

Sinovac berkomitmen menyalurkan 140 juta bahan baku (bulk) vaksin Covid-19-nya, CoronaVac, ke Indonesia selama 2021.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Minggu, 18 Apr 2021 16:33 WIB
Indonesia kembali terima 6 juta <i>bulk</i> vaksin Sinovac

Pemerintah kembali mendatangkan vaksin Covid-19 ke tanah air. Siang tadi (Minggu, 18/4), sebanyak enam juta bahan baku (bulk) CoronaVax, vaksin buatan Sinovac, tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Hari ini, kami menerima kedatangan enam juta bulk vaccine dari Sinovac, China, yang merupakan bagian dari pengiriman 140 juta bulk vaccine yang akan kita terima tahun ini," ujar Menteri Kesehatan (Menkes), Budi G. Sadikin, dalam keterangan tertulis, beberapa saat lalu.

Dia melanjutkan, itu merupakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-8 di Indonesia. Fase awal, yang berupa produk jadi sebanyak 1,2 juta dosis, tiba di tanah air pada 6 Desember 2020.

Dengan kedatangan tersebut, Indonesia telah menerima 59,5 juta bahan baku CoronaVac. Nantinya akan diproses menjadi vaksin oleh PT Bio Farma (Persero).

Sponsored

"Kalau sudah dikonversi menjadi dosis akan jadi sekitar 46-47 juta dosis," jelas Budi. "Sampai sekarang, sudah ada sekitar 22 juta dosis dari 46 juta yang masuk, yang sudah kita terima dari Bio Farma dan sudah kita distribusikan ke seluruh daerah."

Dalam satu bulan ke depan, lanjut dia, Indonesia bakal menerima tambahan sekitar 20 juta dosis vaksin jadi hasil produksi Bio Farma. Adisional itu diharapkan memperlancar program vaksinasi pada April-Mei.

"Pesan saya kepada seluruh teman-teman di daerah, kepala daerah, gubernur, bupati, dan wali kota, terus jalankan program vaksinasi. MUI sudah bilang selama bulan puasa vaksinasi tidak membatalkan puasa, jadi terus dijalankan," tutup Budi.

Tsunami kematian sunyi di isolasi mandiri

Tsunami kematian sunyi di isolasi mandiri

Rabu, 28 Jul 2021 14:29 WIB
Ikhtiar menahan lonjakan angka stunting

Ikhtiar menahan lonjakan angka stunting

Senin, 26 Jul 2021 17:37 WIB
Berita Lainnya