sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Inspirasi dari Bu Ani bagi dua penguasa provinsi

Sebagai ibu negara, Ani dinilai sosok yang hangat, terbuka dan tak 'jaim'.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Senin, 03 Jun 2019 00:22 WIB
Inspirasi dari Bu Ani bagi dua penguasa provinsi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengaku mendapat banyak inspirasi dari sosok Kristiani Herrawati Yudhoyono atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono. Menurut RK, sosok Ani terutama mengingatkan dia tentang pentingnya kesetiaan dan keluarga. 

"Inspirasinya banyak. Salah satunya adalah kesetiaan mendampingi Pak SBY. Itu jadi inspirasi bagi kita-kita yang milenial (dan) yang masih muda. Kedua, juga untuk mengutamakan keluarga. Itu nasehat yang selalu saya ingat," ujar RK di sela-sela pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6).

Menurut RK, Bu Ani merupakan seorang penyuka keindahan. Hal itu diekspresikan Ani dengan merekam perjalanan atau-atau momen hidupnya ketika mendampingi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan kamera foto.

"Jadi, Bu Ani punya sebuah keistimewaan visual. Itu hanya bisa didapat melalui angle yang selalu berdekatan dengan Presiden," ujar dia. 

Ani Yudhoyono tutup usia di National University Hospital (NUH), Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura. Sejak Februari, Ani dirawat intensif di Singapura karena penyakit kanker darah yang ia derita. Jenazah Ani dimakamkan dengan upacara militer di TMP Kalibata.

Kenangan tentang Bu Ani juga diutarakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Menurut Ganjar, Bu Ani adalah sosok yang hangat, terbuka, dan tak 'jaim'.

"Beliau sosok yang menarik. Pas peresmian tol di Jateng, Bu Ani bilang 'Pak Gub, tolnya indah banget.' (Bu Ani) itu turun langsung mendampingi Pak SBY," kata Ganjar.

Kenangan kedua bersama Bu Ani yang tebersit di benak Ganjar ialah ketika makan bersama di Kudus, Jateng. Ketika itu, Bu Ani mengatakan tak mau makan menggunakan sendok. Bu Ani pun makan dengan lahap menggunakan tangannya. 

Sponsored

"Kenangan terakhir pada saat saya nyalon gubernur kedua kali. Beliau datang dan memberikan semangat yang sangat luar biasa untuk mendukung saya," ujar Ganjar. 

 

Berita Lainnya