sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jalan menuju Ragunan macet parah

Sejumlah kendaraan pengunjung yang hendak masuk melalui pintu timur Ragunan mengular sampai Jalan TB Simatupang.

Armidis
Armidis Sabtu, 08 Jun 2019 13:17 WIB
Jalan menuju Ragunan macet parah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 70736
Dirawat 34668
Meninggal 3417
Sembuh 32651

Ruas jalan menuju Taman Marga Satwa Ragunan macet panjang. Sejumlah kendaraan pengunjung yang hendak masuk melalui pintu timur Ragunan mengular sampai Jalan TB Simatupang.

Robi warga Cikarang, Bekasi yang diwawancarai Alinea.id mengaku menghabiskan waktu 1 jam lebih untuk mencapai pintu timur Ragunan. Jika dilalui saat kondisi jalan lancar, waktu tempuh dari TB Simatupang hingga pintu timut hanya berkisar 5 menit.

"Iya, macetnya parah sekali. Kita saja, selepas dari TB Simatupang ke pintu timur ini hampir dua jam," kata Robi, Sabtu (8/6).

Meski pun mengalami mengalami kemacetan panjang, Taman Marga Satwa Ragunan masih menjadi destinasi wisata favorit warga Jabodetabek untuk menghabiskan liburan panjang Idulfitri 1440 Hijriah.

Ragunan masih dianggap bagus untuk wisata keluarga. Alasannya, selain harga tiket yang masih terjangkau, Ragunan juga banyak sangat aman bagi keluarga.

Kemacetan juga terjadi dari arah Lenteng Agung menuju pintu timur. Sebagian pengunjung yang menggunakan mobil keluarga memilih menempuh berjalan kaki menuju pintu masuk Ragunan.

Lestari pengunjung asal Depok, Jawa Barat nekat berjalan kaki untuk mencapai pintu masuk Ragunan.

"Mau bagaimana lagi, ini macet parah banget. Kalau nunggu mobilnya sampai ke pintu masuk bisa kesorean," kata Lestari kepada Alinea.id.

Sponsored

Sementara berdasarkan Peraturan Gubernur No.63 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Kegiatan dan Penanganan Pengunjung di Tempat-Tempat Wisata Pada Hari Tertentu, sejumlah objek wisata tutup pada hari pertama dan buka pada hari kedua Idul Fitri buka mulai pukul 08.00 WIB.

Destinasi wisata tersebut, yakni Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Museum Sejarah Jakarta, Museum Prasasti dan Museum Joang 45. Kemudian Museum MH. Thamrin, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Museum Taman Arkeologi Onrust, Museum Rumah Si Pitung dan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Selanjutnya Kawasan Kota Tua, Kawasan Taman Ismail Marzuki, Anjungan DKI Taman Mini Indonesia Indah, Lapangan Banteng dan Tugu Proklamasi.

Dari pantauan wartawan, sejumlah warga memadati kawasan Monumen Nasional atau Monas yang terletak di Jakarta Pusat itu. Para wisatawan terlihat antre untuk naik ke Puncak Monas.

Qonita (14) yang berasal dari Tangerang, Banten, memilih Monas sebagai tempat rekreasinya. Hal itu dikarenakan biayanya yang terjangkau dan mudah diakses.

"Habis dari Monas lanjut ke Museum Nasional dan Kota Tua," kata Qonita.

Berita Lainnya