sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang pilkada, Kapolri kumpulkan seluruh kapolda-kapolres

Kapolri beri arahan tentang penegakan protokol kesehatan di pilkada hingga pengamanan demo.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 25 Nov 2020 10:35 WIB
Jelang pilkada, Kapolri kumpulkan seluruh kapolda-kapolres
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Kapolri Jenderal Idham Azis kumpulkan seluruh kapolda hingga kapolres. Mereka diberikan arahan terkait pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Arahan tersebut juga menekankan pentingnya netralitas seluruh jajaran, terutama di daerah yang menggelar pilkada.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Argo Yuwono menyebut, Kapolri Idham Aziz meminta para kapolda tidak segan-segan menindak apabila ada pelanggaran ditemukan.

"Akan ditindak tegas berkaitan dengan pelanggaran yang dilakukan di lapangan," ucapnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (25/11).

Kapolri, sambung Argo, juga telah menekankan agar seluruh kapolda dan kapolres beserta anggotanya untuk melakukan pengamanan sampai akhir tahapan pilkada.

Terlebih, mengamankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada. Bahkan, orang nomor satu di Polri itu menegaskan tidak adanya keragu-raguan dalam menindak pelanggaran.

"Tentunya penekanan berdasarkan Undang-Undang bahwa para kapolda ini harus menegakan protokol kesehatan, jadi tidak ada keragu-raguan bersama TNI, Satpol PP, dan tokoh masyarakat bersama tegakkan protokol kesehatan," kata Argo.

Dibeberkan Argo, Kapolri juga memberikan arahan mengenai pengamanan apabila ada penyaluran aspirasi masyarakat terkait Omnibus Law. Dia memastikan masyarakat diperbolehkan menyampaikan aspirasi, namun sesuai aturan yang berlaku.

"Berkaitan dengan Omnibus Law, tentunya kebijakan kalau memang di dalam menyampaikan pendapat diatur dalam Undang-Undang. Kalau memang anarkis akan ditindak tegas," ujarnya.

Sponsored
Berita Lainnya