sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang Tahun Baru, hujan dan petir landa Ancol

Hujan disertai petir menyelimuti destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol, Selasa (31/12) petang sekitar pukul 17.30 WIB.

Sukirno
Sukirno Selasa, 31 Des 2019 18:39 WIB
Jelang Tahun Baru, hujan dan petir landa Ancol
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Hujan disertai petir menyelimuti destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol, Selasa (31/12) petang sekitar pukul 17.30 WIB.

Pantauan di lokasi, sejumlah kendaraan masih antre memasuki kawasan Ancol di pintu gerbang barat. Kondisi lalu lintas terlihat lancar dan sejumlah petugas gabungan mengatur lalu lintas pada malam pergantian tahun.

Sekretaris Perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA) Rika Lestari mengatakan hingga pukul 17.00 WIB, jumlah pengunjung yang masuk gerbang Ancol mencapai 64.673 orang.

Sementara kendaraan yang masuk di kawasan Ancol, yakni mobil 6.799 unit dan motor 5.475 unit.

Sebelumnya, petugas prakiraan cuaca (forecaster) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca untuk beberapa lokasi pariwisata di Provinsi DKI Jakarta yang dikutip Selasa, 31 Desember 2019 pukul 15.00 WIB.

Taman Impian Jaya Ancol diperkirakan cuaca hujan disertai petir sejak pukul 19.00 WIB. Suhu udara diperkirakan 26 derajat Celcius dengan kelembaban udara sekitar 90%.

TMII setop kereta gantung

Sementara itu, Manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah menghentikan sementara wahana kereta gantung akibat cuaca hujan yang mengguyur Jakarta.

Sponsored

"Sementara iya hujan, sepertinya menyeluruh di semua kawasan Jakarta. Untuk wahana kereta gantung karena cuaca hujan maka telah diberhentikan dengan mempertimbangkan faktor keselamatan," ujar Ketua Pekan Desember Natal dan Tahun Baru TMII, Dwi Atmodjo saat dihubungi di Jakarta, pada hari yang sama.

Dia mengatakan bahwa jika situasi dan cuaca kondusif maka wahana itu akan dibuka kembali. Namun tidak sampai malam karena di area Plaza Archipel Kepulauan Indonesia akan digelar pesta kembang api.

Sementara, menurut Dwi Atmodjo, untuk wahana-wahana yang berkaitan seperti Dunia Air Tawar, Taman Burung dan Komodo ditutup untuk pengunjung mengingat waktu sudah terlalu sore.

"Namun untuk persiapan panggung utama, acara wayang, musik tetap dilanjutkan. Acara bazaar pun masih berlangsung," katanya.

Malam pergantian tahun dari 2019 ke tahun 2020, tinggal hitungan beberapa jam lagi.

Selain di TMII, berbagai lokasi lainnya di Jakarta turut menggelar beragam acara dan kemeriahan lainnya, seperti panggung musik dan seni tradisional lainnya dalam menyambut Tahun Baru 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menghadiri acara nikah massal dan Isbat nikah malam pergantian 2020 di halaman Balai Kota.

Umumnya malam pergantian Tahun Baru di berbagai kawasan Jakarta diisi oleh pesta kembang api, kendati hujan membayang-bayangi momen pergantian tahun kali ini. (Ant)

Berita Lainnya