sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

JK ajak masyarakat donor darah saat pandemi

Di DKI Jakarta setidaknya butuh 1.000 kantong darah setiap harinya.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Minggu, 06 Sep 2020 20:27 WIB
JK ajak masyarakat donor darah saat pandemi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 563.680
Dirawat 80.023
Meninggal 17.479
Sembuh 466.178

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian donor darah saat pandemi coronavirus baru (Covid-19). Pangkalnya, jumlah pendonor berkurang signifikan hingga 50%.

"Di masa pandemi seperti ini, kepedulian kita harus dikedepankan, termasuk kesadaran akan donor darah. Di Jakarta saja kita butuh 1.000 kantong darah per hari," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9).

Karenanya, dirinya mengapresiasi dan mendukung kegiatan Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) yang berhasil mengumpulkan 465 kantong darah dari 527 pendaftar. "Sebuah langkah positif."

Ketua Unit Donor Darah PMI, Linda Lukitari Waseso, menambahkan, minimnya masyarakat yang donor darah saat pandemi Covid-19 mengkhawatirkan jumlah ketersediaan. Pangkalnya, transfusi penting bagi pasien kritis.

Penurunan terjadi karena masyarakat cenderung beraktivitas di rumah sejak pemerintah memperketat kegiatan di ruang publik ataupun fasilitas umum. Kegiatan donor darah di PMI berkurang 30-50%.

Di sisi lain, jumlah stok darah yang tersedia tidak seimbang dengan penyakit demam berdarah yang tengah merebak. Juga bagi pasien rutin transfusi, seperti talasemia.

Sementara itu, Dewan Pembina GDDPI, Yanti Erlangga, menyatakan, kegiatan donor darah yang digagas pihaknya sebagai bentuk perhatian khusus kepada PMI. 

Dirinya memastikan, proses donor darah dilakukan dengan prosedur ketat agar tidak ada yang terjangkit Covid-19. Misalnya, setiap calon pendonor diminta daftar dan mengikuti tes cepat (rapid test).

Sponsored

"Aksi mengumpulkan kantong darah akan dilakukan di beberapa daerah, yaitu Yogyakarta, Palu, dan Bali," tandasnya.

Geliat staycation pengusir penat

Geliat staycation pengusir penat

Jumat, 04 Des 2020 16:55 WIB
Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kamis, 03 Des 2020 16:21 WIB
Berita Lainnya