sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi akan ikut KTT G20 soal Covid-19

Kegiatan akan dipimpin Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 25 Mar 2020 13:13 WIB
Jokowi akan ikut KTT G20 soal Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan mengikuti KTT G20 di tengah pandemi coronavirus baru (Covid-19). Acara akan digelar secara virtual dengan agenda penanganan SARS-CoV-2 tersebut.

"Presiden RI akan berpartisipasi dalam KTT G20. Untuk mendorong solidaritas global yang memerlukan aksi bersama dan terkoordinasi. Seperti kepentingan untuk kebutuhan akses dan keterjangkauan peralatan kesehatan dan vaksin," jelas Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dalam pernyataannya, Rabu (25/3).

KTT akan dipimpin Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, selaku Ketua G20 2020. Kegiatan rencananya diselenggarakan, Kamis (26/3).

Rapat pun bakal membahas dampak ekonomi dan sosial Covid-19 terhadap rantai pasokan global.

"IMF memperkirakan, dampak Covid-19 berpotensi menjadi seburuk krisis ekonomi global pada 2008. Untuk itu, KTT G20 ini sangat dinanti-nanti. Guna mendukung stabilitas keuangan dan perekonomian dunia," lanjut pernyataan Kemlu.

Aspek perdagangan internasional dan kerja sama internasional, juga menjadi pokok bahasan. Para pemimpin G20 akan mendiskusikan cara menjamin kelancaran arus barang/jasa dan penguatan upaya global dalam merespons pandemi.

Senin (23/3), G20 telah terlebih dulu menyelenggarakan pertemuan virtual para menteri keuangan dan gubernur bank sentral masing-masing negara. Mereka membahas paket stimulus dalam kerangka mengatasi dampak ekonomi imbas Covid-19.

Selain itu, organisasi internasional, seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF), pun sepakat mengeluarkan bantuan pendanaan. Guna meredam dampak Covid-19 terhadap perekonomian global.

Sponsored
Berita Lainnya