sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi: Bangsa kita masih berjuang atasi kemiskinan

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara ziarah nasional, dalam peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Minggu, 10 Nov 2019 09:34 WIB
 Jokowi: Bangsa kita masih berjuang atasi kemiskinan

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara ziarah nasional, dalam peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Jokowi meletakkan karangan bunga di tugu TMPN Utama Kalibata. Usai upacara, dia juga menaburkan bunga di sejumlah makam pahlawan.

Menurut Jokowi, mengenang para pahlawan harus dilakukan karena mereka sudah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan," kata Jokowi kepada para wartawan usai upacara dan ziarah nasional di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Terkait korelasinya dengan masa sekarang, mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, saat ini bangsa Indonesia harus berjuang, terutama dalam mengatasi kemiskinan hingga kesenjangan sosial.

"Perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan, dan lain-lainnya," ujar dia.

Namun, saat disinggung mengenai kebijakan untuk veteran agar bisa hidup lebih sejahtera, Jokowi mengaku belum membuat kebijakan tersebut.

Hadir dalam upacara itu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, dan sejumlah pimpinan lembaga negara. Upacara ziarah nasional di taman makam pahlawan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2019.

Sponsored

Sebelumnya, telah dilakukan upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada sejumlah tokoh oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta.