logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi berkurban sapi seberat 1 ton di Surabaya

Pemotongan hewan kurban, termasuk sapi milik Presiden Jokowi dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dilakukan sehari setelah salat Idul Adha.

Fandy Hutari
Fandy Hutari Sabtu, 10 Agst 2019 17:00 WIB
Jokowi berkurban sapi seberat 1 ton di Surabaya

Presiden Joko Widodo berkurban seekor sapi seberat 1 ton 80 kilogram di Masjid Al Akbar Surabaya pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

"Presiden berkurban di Surabaya, sama seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Wemmi Niamawati, Sabtu (10/8).

Jenis sapinya, kata dia, peranakan Ongole yang dibeli dari peternak asal Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Usia sapi tersebut empat tahun dan tubuhnya setinggi 160 sentimeter, panjang 176 sentimeter, serta lingkar dada 226 sentimeter.

Selain sapi Presiden Jokowi, sejumlah pejabat utama di Jatim juga berkurban di Masjid Al Akbar, seperti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang sapinya berjenis peranakan Ongole, usianya empat tahun dan memiliki berat 1 ton.

"Sapi ibu gubernur juara kontes sapi Jatim 2018 dan dibeli dari peternak Desa Takerharjo, Kecamatan Selokuro, Kabupaten Lamongan," ucapnya.

Kemudian, Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak berkurban sapi seberat 950 dengan jenis, usia serta dibeli dari peternak yang sama dengan sapi kurban milik gubernur.

Lalu, sapi kurban milik Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono usianya 3,5 tahun, beratnya 750 kilogram dan berjenis peranakan Ongole, yang dibeli dari peternak sama dengan sapi kurban milik gubernur serta wakil gubernur.

Sementara itu, Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan sapi milik presiden dan gubernur akan dipotong pada Senin, 12 Agustus 2019 mulai pukul 06.00 WIB.

"Pemotongan hewan kurban, termasuk sapi milik Presiden Jokowi dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dilakukan sehari setelah salat Idul Adha," katanya. (Ant).