sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi harap lulusan kampus ciptakan lapangan kerja

"Karyanya bukan hanya karya ilmiah, tetapi juga memecahkan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi, inovasi, dan kewirausahaan."

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 15 Jun 2021 13:15 WIB
Jokowi harap lulusan kampus ciptakan lapangan kerja

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, lulusan perguruan tinggi dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Keterlibatan dunia industri dalam pendidikan di perguruan tinggi diklaim sangat penting untuk transfer iptek.

Selain itu, sambung dia, antarperguruan tinggi perlu bekerja bersama dalam mempercepat pengembangan dan penguasaan iptek terbaru. "Iptek yang terbaru mungkin saja belum dikuasai oleh kampus, tetapi sudah berkembang di dunia industri,” ucapnya dalam diskusi Festival Kampus Merdeka 2021, Selasa (15/6).

Jokowi mengingatkan, lulusan perguruan tinggi tetap harus terus meng-upgrade iptek yang terbaru. Alasannya, masa depan bakal penuh dengan disrupsi yang menuntut lulusan perguruan tinggi mampu beradaptasi terhadap arus perubahan yang cepat dan kompetitif.

"Tanpa belajar terus-menerus, lulusan kita akan tertinggal oleh perkembangan iptek, yang sekali lagi sangat pesat," jelasnya.

Oleh karena itu, lulusan perguruan tinggi harus memiliki kemampuan berinovasi bukan hanya kelebihan dari segi akademik. Lulusan perguruan tinggi juga diminta mampu menyelesaikan masalah sosial dalam masyarakat.

"Karyanya bukan hanya karya ilmiah, tetapi juga memecahkan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi, inovasi, dan kewirausahaan," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Dirinya pun menginginkan lulusan perguruan tinggi dapat menyelesaikan masalah sosial dalam masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Ini pentingnya pendidikan kewirausahaan, interaksi, intensif dalam dunia industri sebagai kunci yang penting bagi karya-karya inovatif bagi lulusan kita,” katanya.

Sponsored

Di sisi lain, Jokowi juga berharap, lulusan perguruan tinggi memiliki dedikasi kuat untuk kemajuan bangsa, kemanusiaan, dan toleransi dalam kebhinekaan. "Itu watak yang tidak boleh ditawar."

Berita Lainnya