sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Jokowi instruksikan agar distribusi sembako tak terganggu PSBB

Telah terjadi defisit kebutuhan pokok di sejumlah daerah.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Selasa, 28 Apr 2020 15:22 WIB
Presiden Jokowi instruksikan agar distribusi sembako tak terganggu PSBB
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya agar memastikan transportasi untuk distribusi kebutuhan pokok antarwilayah, tidak terganggu penerapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Hal ini dinilai penting untuk mengatasi defisit kebutuhan pokok yang saat ini terjadi di sejumlah daerah.

"Transportasi antarprovinsi, antarpulau, antarwilayah tidak boleh terganggu. Akan saya cek terus karena dengan penerapan PSBB dari beberapa provinsi dan beberapa kabupaten kota," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/4).

Presiden menekankan hal ini karena di sejumlah daerah telah terjadi defisit kebutuhan pokok. Terdapat sejumlah bahan pokok yang mengalami defisit di beberapa provinsi.

Presiden menyebut stok beras defisit di tujuh provinsi, stok jagung defisit di 11 provinsi, stok cabe besar defisit di 23 provinsi, stok cabe rawit defisit di 19 provinsi, stok bawang merah defisit di satu provinsi, stok telur ayam defisit 22 provinsi. Stok minyak goreng diperkirakan cukup untuk 34 provinsi, tapi stok gula pasir diperkirakan defisit 30 provinsi, dan stok bawang putih diperkirakan defisit di 31 provinsi.

Menurut Jokowi, untuk mengatasi hal ini daerah yang mengalami surplus dapat menyuplai daerah yang mengalami defisit. Dengan demikian, dapat mempersingkat alur distribusi yang dibutuhkan.

"Memang ada 1-2 yang terganggu terutama transportasi pesawat karena yang namanya pesawat kalau yang jalan kargonya saja penumpangnya tidak, hitung-hitungnya akan sangat sulit karena sebetulnya kargo mengikuti pesawat yang berpenumpang," ujar Presiden.

Presiden Jokowi pun meminta agar para menterinya benar-benar mencari solusi terhadap hal tersebut. "Ini tolong betul-betul kita exercise agar jangan distribusi bahan pokok, bahan yang penting, tidak terganggu karena sekali lagi kita negara kepulauan," katanya.

Selain itu, Presiden juga menekankan manajemen pengelolaan beras untuk mengantisipasi krisis pangan di tengah pandemi Covid-19. Jokowi memerintahkan jajarannya menghitung secara detail ketersediaan stok beras dengan memperhitungkan stok di masyarakat, penggilingan, gudang dan di Bulog. Juga menghitung kemungkinan terjadinya kemarau panjang di 2020.

Sponsored

Jokowi juga menginstruksikan agar Bulog tetap membeli gabah petani dengan insentif harga yang layak dan fleksibilitas memadai.

"Kita harap puncak panen raya di April ini. Produksi beras kita, kemarin saya mendapat laporan bisa mencapai 5,62 juta ton, ini sangat bagus," katanya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat total dua provinsi dan 21 kabupaten/kota yang sudah menerapkan PSBB. Dua provinsi itu yaitu DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat. Sedangkan 21 kabupaten/kota yaitu Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya Kota Pekanbaru, Kota Makassar, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, Kota Tegal, Kota Banjarmasin, Kota Tarakan, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.  (Ant)

Berita Lainnya