sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi mau 7,5 juta warga DKI sudah divaksin pada Agustus

Presiden Jokowi mendorong demikian guna mempercepat tercapainya kekebalan komunitas mengingat interaksi dan mobilitas warga Jakarta tinggi.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 14 Jun 2021 12:22 WIB
Jokowi mau 7,5 juta warga DKI sudah divaksin pada Agustus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan cakupan vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 7,5 juta penduduk pada akhir Agustus 2021. Dengan begitu, kekebalan komunitas (herd immunity) segera tercapai.

"Saya tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi," katanya saat meninjau vaksinasi massal bagi masyarakat umum dan pekerja di Rumah Susun (Rusun) Tanah Tinggi, Jakarta, pada Senin (14/6).

Mantan Gubernur Jakarta ini mengakui, target tersebut tergolong ambisius. Namun, Jokowi menegaskan, itu harus dilakukan demi terwujudnya kekebalan kelompok.

"Saya berharap kerja keras semuanya baik di tingkat wali kota, kecamatan, kelurahan, dan seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di DKI Jakarta," jelasnya, melansir situs web Sekretariat Kabinet (Setkab).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengingatkan, interaksi dan mobilitas masyarakat ibu kota tergolong tinggi. Dengan demikian, kecepatan pelaksanaan vaksinasi menentukan keberhasilan penanganan pandemi.

Pemerintah, sambung Jokowi, juga akan memprioritaskan pemberian vaksinasi bagi masyarakat di daerah rentan. Kawasan permukiman Rusun Tanah Tinggi, salah satunya.

"Kenapa dilakukan di sini? Karena ini adalah kawasan padat yang interaksi antarmasyarakatnya sangat tinggi sehingga diberikan prioritas untuk diberi vaksinasi," ucapnya.

"Kalau di rusun ini satu saja ada yang terkena, menyebarnya akan cepat sekali sehingga vaksinasi sangat diperlukan di kawasan ini," imbuh Jokowi, yang didampingi Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin; Gubernur Jakarta, Anies Baswedan; dan Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma.

Sponsored
Berita Lainnya