sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi resmikan jalan tol pertama di Aceh

Pembebasan lahan tol di Aceh berlangsung cepat.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 25 Agst 2020 15:21 WIB
Jokowi resmikan jalan tol pertama di Aceh
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Selasa (25/8). Jalan sepanjang 74 km tersebut merupakan tol pertama di Provinsi Aceh.

”Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim jalan tol ruas Sigli-Blang Bintang seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang hari ini saya nyatakan diresmikan,” ucap Presiden yang juga dihadari Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Tol tersebut diharapkan bisa membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas, termasuk menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

"Kita harapkan dengan infrastruktur baru ini akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, ada usaha-usaha baru, ada perluasan usaha dari yang sudah ada,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan bahwa bila konektivitas semakin lancar dan terhubung, maka  pergerakan orang serta pergerakan barang akan lebih cepat sehingga biaya lebih efisien. 

"Pertumbuhan ekonomi akan saling terhubung dari titik satu ke titik yang lain sehingga perekonomian akan bergerak lebih cepat," tuturnya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga menyampaikan terima kasih kepada para kepala daerah dan masyarakat Aceh karena pembebasan lahan berlangsung cepat.

"Misalnya yang 74 kilo meter ini dari Banda Aceh ke Sigli itu sudah 86%, ini cepat sekali. Sehingga konstruksinya bisa mengikuti dengan cepat,” bebernya.

Sponsored

Presiden menambahkan, jika kecepatan pembebasan lahan di Aceh diterapkan di provinsi lain, maka pembangunan jalan tol di daerah lain bisa beroperasi penuh.

Berita Lainnya