logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

Mantan Menteri Agama Kabinet Gotong Royong Said Agil Husin Al Munawar akan bertindak sebagai khatib sekaligus imam.

Sukirno
Sukirno Rabu, 05 Jun 2019 06:31 WIB
Jokowi salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

Presiden Joko Widodo akan melakukan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Jakarta pada Rabu (5/6) pagi. Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Bima mengetahui rencana salat id Presiden Jokowi lantaran dirinya baru saja berbincang saat pembagian sembako di Istana Bogor pada malam takbir, Selasa (4/6).

Menurut Bima, Jokowi akan melaksanakan salat id di Masjid Istiqlal, setelah sebelumnya timbul wacana untuk salat Id di Kebun Raya Bogor (KRB), seperti Lebaran tahun lalu.

"Saya tanya besok beliau salat Idulfitri di mana, karena sebelumnya saya mendapatkan informasi beliau salat di Kebun Raya, ternyata di Masjid Istiqlal," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Namun, Bima akan tetap melaksanakan shalat id di KRB bersama masyarakat Kota Bogor, meski tidak dihadiri Jokowi. Setelah melaksanakan salat id, Bima berniat open house di kediamannya Kompleks Baranangsiang Indah, Kota Bogor mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Seperti diketahui, meski berbeda koalisi partai dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Bima Arya secara terang-terangan mendukung Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dukungan itu secara gamblang ia sampaikan dalam acara yang ia gelar pada Jumat (12/4/2019) di Puri Begawan Kota Bogor Jawa Barat, dengan menghadirikan sejumlah tokoh pendukung Jokowi, seperti Budiman Sujatmiko, Wanda Hamidah, dan lain-lain.

Sementara itu, cawapres Ma'ruf Amin akan melakukan salat id di sebuah masjid dekat Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI). Setelah itu, Ma'ruf Amin akan berlebaran di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, serta berlanjut di Banten.

Sponsored

Khatib dan imam

Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan persiapan pelaksanaan Salat Idulfitri 1440 hijriah sudah mencapai 100% dan siap menyambut jemaah pada lebaran besok.

"Kita sudah siap dari segala sisi, sudah 100%. Yang sebelumnya kurang kita langsung sempurnakan," ujar Abu saat ditemui di Masjid Istiqlal.

Abu mengatakan persiapan itu meliputi ketersediaan air wudu, karpet, kantong-kantong parkir, keamanan, kebersihan, hingga listrik.

Untuk kantong parkir, masyarakat bisa memarkir kendaraannya seperti di Lapangan Banteng, Kantor Pos dan Katedral.

"Bagi masyarakat yang ingin Idulfitri di Istiqlal datang subuh biar dapat shaf di depan," kata dia.

Menurut dia, mantan Menteri Agama Kabinet Gotong Royong Said Agil Husin Al Munawar akan bertindak sebagai khatib sekaligus imam saat pelaksanaan salat id di Masjid Istiqlal pada Rabu (5/6).

"Kenapa jadi imam, karena beliau selain guru besar, cendekiawan muslim, ulama, kyai, suaranya juga bagus, dan pernah juara qori internasional di Makkah," kata dia.

Sementara untuk tema yang diambil untuk pelaksanaan salat id nanti yakni "Idul Fitri Menebar Maaf Membangun Kebersamaan".

Menurut dia, tema ini sangat tepat apabila disandingkan dengan kondisi bangsa saat ini usai Pemilu 2019. Masyarakat yang terkotak-kotakan karena berbeda pandangan politik sudah seharusnya kembali bersatu dan saling memaafkan satu sama lain.

"Sudah selesai, sudah kita bersama-sama lagi membangun negeri ini meski kita berbeda pilihan politik, berbeda agama, berbeda partai, tetapi tujuan kita satu, membangun Indonesia menjadi satu," kata dia. (Ant).