sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi: Tak ada tempat bagi terorisme di Tanah Air

Presiden Jokowi minta kepada seluruh masyarakat agar semuanya tetap tenang.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Kamis, 01 Apr 2021 12:16 WIB
Jokowi: Tak ada tempat bagi terorisme di Tanah Air
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam aksi teror yang terjadi di Mabes Polri pada Rabu (31/3) sekitar pukul 16.36 WIB.

"Terkait dengan terjadinya aksi terorisme kemarin sore di Mabes Polri, saya minta kepada seluruh masyarakat agar semuanya tetap tenang. Tetapi, juga waspada dan menjaga persatuan dan kita semuanya bersama melawan terorisme," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/4).

Ia juga mengaku, telah memerintahkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Kepala BIN Budi Gunawan untuk meningkatkan kewaspadaan pascaaksi teror di Mabes Polri tersebut.

"Saya tegaskan sekali lagi, tidak ada tempat bagi terorisme di Tanah Air," tutur Jokowi.

Sebelumnya, petugas pengamanan di dalam lingkup Mabes Polri menembak seseorang yang tidak dikenal. Orang itu jatuh dan tersungkur. 

Pantauan Alinea.id di lokasi kejadian, Rabu (31/3), sekitar pukul 16.35 WIB terdengar beberapa kali suara tembakan di area dalam Mabes Polri. Lokasi penembakan berada di dekat kantor utama Kapolri.

Belakangan diketahui identitas pelaku teror berinisial ZA (25). Perempuan yang tinggal di wilayah Jakarta Timur (Jaktim) itu merupakan mantan mahasiswa salah satu universitas. Namun, keluar (drop out) pada semester lima. Polisi sudah menggeledah rumah pelaku.

"Ditemukan map kuning yang dibawa tersangka saat melakukan aksi; surat wasiat; dan pesan di WA (WhatsApp) grup keluarga, dia berpamitan; juga postingan di Instagram, 21 jam lalu, (berupa) bendera ISIS," tutur Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (31/3).

Sponsored
Berita Lainnya