sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jumpa pers TWK, eks komisioner KPK dapat serangan digital

Dalam forum, Busyro mengaku gawainya diretas orang tak dikenal.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Senin, 17 Mei 2021 19:26 WIB
Jumpa pers TWK, eks komisioner KPK dapat serangan digital

Mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas dan Bambang Widjojanto mengalami gangguan digital saat jumpa pers Menelisik Pelemahan KPK Melalui Pemberhentian 75 Pegawai. Dalam forum, Busyro mengaku gawainya diretas orang tak dikenal.

"Barusan HP saya juga di-hack," ujarnya saat konferensi pers yang disiarkan Youtube Sahabat ICW, Senin (17/5).

Hal senada juga dialami oleh Bambang. Bahkan, dia mengaku, telah mendapatkan serangan siber dua jam sebelum acara pada pukul 13.00 WIB.

"Mohon maaf agak terlambat masuk karena HP saya diganggu, sangat diganggu dan WA (Whatsapp) saya sekarang sudah di-hijack atau dibajak kira-kira dua jam sebelum acara dimulai," ujarnya.

Serangan terhadap Bambang tidak berhenti sampai di situ. Sebab, selama konferensi pers dia mengatakan gawainya menjadi sering menerima telepon. Hal senada juga dialami moderator Nisa Zonzoa yang tergabung dalam Divisi Penggalangan Dukungan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW).

Secara umum, jumpa pers dalam jaringan juga sering mengalami gangguan teknis. Berdasarkan hitungan Alinea.id, lebih dari lima kali microphone eks Ketua KPK Agus Rahardjo tiba-tiba ter-mute dengan sendirinya.

"Nah ini ke-mute lagi, Pak (Agus)," kata Nisa

"Ya, jadi nggak tahu, ini terus-terusan begitu," timpal Agus, "ini videonya malah..." sambungnya yang langsung terputus kembali. 

Sponsored

Audio milik Agus yang tiba-tiba sering mati setelah lima menit awal pemaparan itu membuatnya tak optimal menyampaikan pandangan terkait polemik tes wawasan kebangsaan atau TWK terhadap pegawai lembaga antirasuah. Adapun dalam acara yang sama, turut hadir pula mantan komisioner KPK, Saut Situmorang, M. Jasin, dan Adnan Pandu Praja.

Berita Lainnya