sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Juru bicara LBP: Covid melonjak karena mobilitas warga tinggi

Pemerintah dalam hal ini terus mengimbau masyarakat untuk meminimalkan mobilitas keluar rumah bila tidak terlalu penting

Dinda Berenice
Dinda Berenice Jumat, 28 Jan 2022 20:07 WIB
Juru bicara LBP: Covid melonjak karena mobilitas warga tinggi

Kasus Covid-19 melonjak dalam beberapa hari terakhir.  Tercatat pada Kamis 27 Januari 2022, total kasus mencapai 8.077. Sehari sebelumnya, Rabu 26 Januari, terdapat 7.010 kasus positif Covid-19. Peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya tingginya mobilitas warga.

"Transmisi lokal mendominasi terjadinya kasus hari ini. Hal ini kemungkinan besar disebabkan masih tingginya mobilitas di masyarakat dan abainya masyarakat terhadap protokol kesehatan sehingga persebaran transmisi begitu cepat," kata juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi kepada wartawan, Jumat (28/1/2022).

Jodi menjelaskan, pemerintah dalam hal ini terus mengimbau masyarakat untuk meminimalkan mobilitas keluar rumah bila tidak terlalu penting. "Anjuran ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19," tuturnya.
"Apa yang dikerjakan oleh pemerintah tentunya harus dilakukan dengan tepat dan terukur," jelasnya.

Dia mengatakan asesmen level pada tiap mingguan adalah kunci untuk mengendalikan pergerakan orang dan ruang publik. Ia menambahkan, dari penilaian ini, setiap kebijakan, baik yang sifatnya kewajiban maupun larangan, akan berlaku saat penilaian dilakukan. "Pemerintah akan tetap menggunakan alat ini sebagai kontrol," pungkasnya.

Sponsored
Berita Lainnya