sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kabinda Papua ditembak, Komisi I DPR: Ini masalah serius

Jika tindakan tegas tak segera dilakukan TNI-Polri, bukan tidak mungkin insiden kekerasan oleh KKB terulang kembali.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 26 Apr 2021 14:41 WIB
Kabinda Papua ditembak, Komisi I DPR: Ini masalah serius

Gugurnya Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha karena ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) ini masalah sangat serius. Demikian ditegaskan anggota Komisi I DPR, Syaifullah Tamliha.

Syaifullah menegaskan, peristiwa itu harus disikapi dengan tegas dan cepat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami tidak bisa membayangkan, seorang jenderal bintang satu dan perangkat BIN bisa terbunuh oleh KKB. Walaupun, memang pekerjaan seorang intelijen berbahaya dengan risiko tewas terbunuh seperti yg sering kita tonton di film," kata Syaifullah di Jakarta, Senin (26/4).

Syaifullah berharap, agar Kepala BIN, Kabais TNI dan Kabaintelkam Polri perlu segera bersinergi dan berkoordinasi untuk mengevaluasi operasi khusus yang dilakukan selama ini. 

Menurut dia, respon serius dan tindakan tegas juga harus diperlihatkan oleh Panglima TNI dan Kapolri terhadap KKB. "KKB telah telah membunuh warga sipil dan ini sudah pelanggaran HAM berat di mana perlu menjadikan KKB sebagai kelompok terorisme yang harus ditumpas," ujarnya.

Syaifullah mengungkapkan, jika tindakan tegas tidak segera dilakukan TNI dan Polri, bukan tidak mungkin insiden-insiden kekerasan oleh KKB akan segera terulang kembali.

"Demi martabat NKRI, dan kedaulatan bangsa, KKB di Papua perlu segera ditindak dengan tindakan tegas," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB.

Sponsored

"Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua atau di seluruh pelosok Tanah Air," tutur Jokowi, Senin.

Brigjen TNI, I Gusti Putu Danny Karya Nugraha meninggal akibat ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Pelaku penembakan adalah kelompok KKB Lekagak Telengen.

Berita Lainnya