sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kabupaten dan Kota Bogor siapkan kebijakan 'lockdown'

Dua skenario telah disiapkan Kabupaten dan Kota Bogor, Jabar jika menerapkan karantina wilayah.

Achmad Rizki
Achmad Rizki Minggu, 29 Mar 2020 20:57 WIB
 Kabupaten dan Kota Bogor siapkan kebijakan 'lockdown'
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat menyiapkan dua skenario lockdown atau karantina wilayah. Kebijakan ini diambil untuk mencegah meluasnya coronavirus dan antisipasi jika Jakarta melakukan karantina wilayah. 

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjelaskan dua skenario lockdown dalam pada rapat koordinasi bersama Tim Crisis Center Covid-19 Kota Bogor dengan Bupati Bogor Ade Yasin. Rapat tersebut, diselenggarakan di Posko Tim Crisis Center Covid-19 di Kota Bogor, Minggu (29/3).

Menurut Dedie, dua skenario lockdown yang disiapkan Pemkot Bogor, yakni rencana A, lockdown di pusat kota, akan menutup lima akses jalan di pusat kota. Kemudian, rencana B, lockdown di seluruh kota dengan menutup sembilan akses jalan menuju ke Kota Bogor.

Dedie menjelaskan, dua skenario rencana lockdown ini untuk mengantisipasi rencana Jakarta menerapkan karantina wilayah.  "Warga Kota Bogor dan sekitarnya banyak yang bekerja di Jakarta. Jadi, Kota Bogor akan menerapkan program yang sejalan dengan DKI Jakarta," katanya.

Kalau Jakarta merencanakan lockdown, menurut dia, maka Kota Bogor juga harus bersiap-siap. "Jangan sampai, ketika DKI Jakarta menerapkan lockdown Kota Bogor belum memiliki persiapan apa-apa," katanya.

Skenario lockdown ini, Dedie menyatakan, sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat. "Pak Gubernur Jabar besok akan berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta untuk sinkronkan program di Jakarta dengan daerah penyangga, yang masuk ke wilayah Jabar," katanya.

Dedie menambahkan, Kota Bogor juga melakukan koordinasi dengan Kabupaten Bogor. Karena kedua wilayah memiliki kaitan erat. Karena dilakukan rapat bersama untuk menyiapkan rencana tersebut.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, apa yang terjadi di Kota Bogor bisa berdampak ke Kabupaten Bogor. Begitu pun sebaliknya.  

Sponsored

"Karena itu, perlu terus berkoordinasi. Pemkot Kota Bogor, menyampaikan skenario lockdown. Karena banyak pintu dari kota ke kabupaten dan sebaliknya," bebernya.  (Ant)

Berita Lainnya