logo alinea.id logo alinea.id

KAI lakukan penyesuaian tarif KA ekonomi

Penyesuaian tarif ini diharapkan semakin memudahkan masyarakat yang bepergian menggunakan KA ekonomi bersubsidi, tanpa mengurangi pelayanan

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Selasa, 26 Jun 2018 18:18 WIB
KAI lakukan penyesuaian tarif KA ekonomi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan melakukan penyesuaian tarif pada beberapa kereta api kelas ekonomi khususnya di bawah PT KAI Daop 1 Jakarta. Keputusan penyesuaian tarif pada beberapa KA kelas ekonomi ini tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2018.

Peraturan ini juga mengubah keputusan sebelumnya yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 113 Tahun 2017 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik atau public service obligation (PSO). 

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo, mengatakan penjualan tiket KA ekonomi non komersial (PSO) yang mengalami penyesuaian ini, diberlakukan mulai keberangkatan KA pada 1 Juli 2018. 

Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan KA Serayu dari Stasiun Pasarsenen ke Stasiun Tasikmalaya, sebelum 1 Juli 2018 diberlakukan tarif sebesar Rp 67.000. Nantinya, per 1 Juli 2018, sesuai Permenhub No. 31/2018, karena jarak Pasarsenen-Tasikmalaya kurang dari 332 KM, maka penumpang hanya membayar sebesar Rp 63.000,-. 

Sementara, bagi penumpang yang telah membeli tiket kereta api dengan tarif yang lebih tinggi dari tarif PSO yang sudah disesuaikan, berhak atas pengembalian bea. 

“Alur pengembalian bea dilakukan di stasiun tujuan penumpang dengan cara menyerahkan boarding pass kepada petugas loket. Apabila bukti transaksi berupa e-boarding, maka silahkan diperlihatkan kepada petugas loket untuk diverifikasi,” jelas Edy di Jakarta, Selasa (26/6).

Penyesuaian tarif ini diharapkan semakin memudahkan masyarakat yang bepergian menggunakan KA ekonomi bersubsidi, tanpa mengurangi pelayanan sedikit pun. 

Saat ini, pembelian tiket sudah bisa dilakukan secara sistem online, sehingga para pelanggan tidak perlu repot ke stasiun untuk membeli tiket. Cukup menggunakan perangkat elektronik atau gadget para pelanggan sudah bisa memesan tiket. Melalui channel internal PT KAI (dengan mengakses website resmi tiket.kai.id, aplikasi KAI Access, serta Contact Center 121) atau channel eksternal yang dapat dilakukan di minimarket – minimarket maupun situs penjualan online yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

Sponsored