sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kapolda Metro pastikan KTT ASEAN di Jakarta berlangsung aman

Sebanyak 4.382 personel ditempatkan di 51 titik pengamanan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 23 Apr 2021 21:11 WIB
Kapolda Metro pastikan KTT ASEAN di Jakarta berlangsung aman

Polda Metro Jaya mengerahkan ribuan personel untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, Sabtu (24/4). Ribuan personel itu akan disebar di 51 titik.

"Sebanyak 4.382 personel dikerahkan di 51 titik, termasuk di dalamnya pengamanan rute, pengamanan akomodasi, hotel, dan pengamanan terminal airport untuk kedatangan," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, dalam keterangan resminya, Jumat (23/4).

Dia menambahkan, pola pengamanan yang dilakukan Polda Metro Jaya berada di ring tiga. Pasalnya, ring satu dan dua akan diamankan Paspampres.

"Polda Metro Jaya di ring tiga karena ring satu dan ring dua oleh ops pengamanan presiden karena yang hadir adalah kepala negara, di mana penanggung jawabnya adalah Pangdam Jaya," tutur Fadil.

Sponsored

Fadil telah mengecek dua pos yang disiapkan, yakni di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan.

Menurutnya, personel pengamanan untuk acara internasional tersebut harus siap. Seluruh pertugas juga mesti memastikan tidak ada gangguan selama berlangsungnya acara yang dihadiri beberapa kepala negara itu.

Berdasarkan keterngan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), tiga pimpinan negara ASEAN takkan menghadiri pertemuan tersebut. Mereka adalah pemimpin Thailand, Laos, dan Filipina.

Berita Lainnya