sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kapolri: 4 ribu warga positif Covid-19 di jalur penyekatan mudik

DPR minta TNI dan Polri antisipasi arus balik mudik Lebaran Idulfitri.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 12 Mei 2021 13:15 WIB
Kapolri: 4 ribu warga positif Covid-19 di jalur penyekatan mudik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ribuan warga yang terjaring penyekatan mudik terbukti positif covid-19. Namun, dia tidak merinci di mana saja warga yang positif covid-19 itu teridentifikasi.

"Di jalur penyekatan ada empat ribu lebih yang kita temukan positif," kata Sigit di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (12/5).

Di lokasi yang sama, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pengawasan terhadap pelarangan mudik harus benar-benar dilakukan oleh personel TNI dan Polri.

Politikus PDI Perjungan itu juga meminta agar antisipasi lonjakan arus kendaraan tidak hanya dilakukan saat arus mudik, tetapi juga arus balik. Pasalnya, para pemudik yang berhasil menuju kampung halaman tetap harus memenuhi persyaratan tertentu untuk kembali masuk ke Jakarta.

Sponsored

"Yang paling penting nanti pas arus balik H+2 sampai dengan H+6 kurang lebih tanggal 6-20 bagaimana kita juga harus mengendalikan dan mengawasinya," ujar Puan pada kesempatan yang sama.

Untuk diketahui, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik Lebaran demi menekan kasus positif Covid-19. Pasalnya, setiap libur panjang memicu tingginya mobilitas masyarakat yang mengakibatkan kasus Covid-19 meningkat tajam.

Pelarangan mudik resmi berlaku Kamis (6/5) lalu, tetapi masyarakat telah banyak yang mencuri start kembali ke kampung halaman. Aparat gabungan pun melakukan tes antigen secara acak guna memastikan kondisi para pemudik.

Berita Lainnya