sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kapolri buka peluang angkat kapolda perempuan

Hingga saat ini hanya ada empat pati perempuan di institusi Polri.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 13 Feb 2020 19:20 WIB
Kapolri buka peluang angkat kapolda perempuan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Kapolri Jenderal Idham Azis memberi sinyal bakal ada Kapolda perempuan yang akan ditunjukknya. Idham mengatakan tidak menutup kemungkinan dalam dua atau tiga bulan ke depan posisi nomor satu di polisi daerah dijabat seorang polisi wanita (polwan).

"Jangan salah kalau dua atau tiga bulan ke depan ada polwan yang bisa mungkin saya angkat jadi Kapolda," kata Idham di upacara kenaikan pangkat di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/2).

Hingga kini, jumlah polwan yang menjabat sebagai pati berjumlah empat orang. Idham mengungkapkan, rekam jejak dan prestasi baik menjadi satu-satunya pertimbangan kenaikan pangkat dan jabatan mereka.

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen M. Iqbal mengatakan polwan memang memiliki hak yang sama untuk dipertimbangkan sebagai kapolda. Meskipun, sampai saat ini posisi kapolda polwan baru terjadi satu kali.

Sponsored

"Tidak ada bedanya sama sekali. Bapak Kapolri telah menegaskan bahwa kinerja baik memberikan pengabdian pada institusi Polri parameter yang jelas," ujar Iqbal di lokasi yang sama.

Iqbal sendiri berpandangan kapolda dari polwan memberikan pembuktian kepada masyarakat mengenai peran penting kaum perempuan. Empati dan cara merangkul masyarakat para polwan akan menjadi ciri khas tersendiri nantinya.

Dalam upacara korps rapor hari ini, Kapolri Jenderal Idham Azis menaikan pangkat dua pati polwan, yakni Irjen Sri Handayani dan Brigjen Apriastini Bakti Bugiansri.

Berita Lainnya