sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus korupsi Kementerian ESDM, Kejagung periksa banyak saksi

Kasus dugaan korupsi ESDM sudah masuk tahap penyidikan, kerugian negara belum diketahui.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 09 Jun 2021 13:45 WIB
Kasus korupsi Kementerian ESDM, Kejagung periksa banyak saksi

Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) mengaku telah memeriksa banyak saksi dalam kasus dugaan korupsi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kendati demikian, tidak dirinci berapa saksi yang sudah diperiksa itu.

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah menjelaskan, saksi dalam kasus tersebut banyak menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Selatan. Pasalnya, tindak pidana yang diduga terjadi berada di wilayah Tanah Bumbu dan lebih memudahkan pemeriksaan dilakukan di kejati.

“Sudah banyak saksinya yang diperiksa, tapi memang sebagian besar di Kejati Kalsel diperiksanya agar mempermudah penyidikan. Kasusnya tapi tetap ditangani Bundar (Kejagung),” kata Febrie kepada Alinea, Rabu (9/6).

Menurut Febrie, pejabat dari pihak Kementerian ESDM juga sudah menjalani pemeriksaan. Namun, dalam pemeriksaan itu statusnya sebagai saksi ahli.

Sponsored

Lebih lanjut Febrie mengungkapkan, tindak pidana yang terjadi dalam kasus itu berkaitan dengan peralihan izin usaha pertambangan batu bara.

"Ada dugaan melawan hukum pada peralihan izin usaha pertambangan batu bara dari satu perusahaan ke perusahaan lain," ucapnya.

Sampai saat ini, jelasnya, kerugian negara masih dalam proses penghitungan. Pihaknya menggandeng Pusat Penelitian Aset dan Transaksi Keuangan (PPATK) untuk kasus tersebut.

Berita Lainnya